Gabriella Siagian Harumkan Nama SMPN 8 Kupang di Kancah Nasional

0
656
Gabriella F. Siagian, peserta didik kelas VII SMPN 8 Kupang.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Gabriella F. Siagian, peserta didik kelas VII SMPN 8 Kupang mengharumkan nama sekolahnya di kancah nasional dengan meraih medali emas dalam Kompetisi Sains Tingkat SMP/MTS sederajat. Ditemui di SMPN 8 Kupang, Kamis (27/01/2022), Gabriella mengungkapkan, pencapaian ini tidak diperoleh dengan jalan yang singkat dan mudah, namun dengan kerja keras, ketekunan dalam belajar, dan komitmen yang kuat untuk menggapai apa yang diinginkan. Di samping itu, hal yang paling penting ialah berusaha bangkit dari kegagalan dan menerimanya sebagai pembelajaran berharga.

“Awalnya saya memperoleh informasi tentang lomba ini dari media sosial, karena seturut nasehat dari orang tua bahwa saya harus memanfaatkan media sosial itu untuk hal-hal yang positif dan berguna bagi saya seperti mengikuti lomba-lomba dan kompetisi di berbagai bidang. Saya pernah mengikuti kompetisi sains di tingkat provinsi dan saya hanya memperoleh medali perak. Namun atas dorongan dan motivasi dari orang tua untuk lebih giat lagi dalam belajar, akhirnya saya berhasil meraih medali emas untuk kompetisi sains di tingkat nasional,” tutur Gabriella.

Lanjutnya, juara yang diraih ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, para pendidik dan seluruh warga sekolah yang telah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk menunjangnya dalam belajar serta berkompetisi. Ia pun berharap agar peserta didik yang lain juga lebih meningkatkan kesungguhan dalam belajar dan mengembangkan keterampilan sehingga dapat bersaing di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Saya selalu didorong oleh motivasi-motivasi dari orang tua dan dukungan melalui fasilitas-fasilitas yang menunjang saya dalam belajar seperti laptob dan lain sebagainya. Di sekolah, saya diberi bimbingan khusus oleh guru-guru yang ahli di bidang sains. Dari sinilah, saya berharap teman-teman lebih giat lagi untuk belajar dan keinginan untuk terus bersaing dengan mengikuti kompetisi-kompetisi dan lomba-lomba yang ada,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMPN 8 Kupang, Dra. Maria Theresia Roslin S. Lana, mengapresiasi prestasi yang diraih anak didiknya tersebut. Selaku pimpinan sekolah, dirinya pun mendukung semua peserta didik yang akan mengikuti segala kompetisi dengan menempatkan guru-guru pendamping sesuai kebutuhan mereka dan dengan memberdayakan potensi-potensi yang dimiliki sekolah.

“Saya tahunya belakangan, setelah disampaikan oleh guru wali kelasnya, kalau ada peserta didik yang akan mengikuti lomba. Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian sekolah, maka saya memberdayakan guru-guru untuk mendampingi mereka sesuai dengan kebutuhan masing-masing atau seturut kompetisi yang mau diikuti,” tandasnya kepada media ini. (Yosi Bataona/ rf-red-st)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here