Sidak di SMAN 1 Soe, Kabid Dikmen Dinas PK NTT Temukan Persoalan Kedisiplinan dan Kebersihan

0
1813
Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ayub Sanam, S.Pd., saat rapat bersama kepala sekolah dan dewan guru di SMAN 1 Soe.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ayub Sanam, S.Pd., melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMA Negeri 1 Soe, Senin (14/02/2022). Dalam sidak tersebut, mantan Kepala SMK Negeri 2 Soe itu menemukan beberaoa persoalan dasar di antaranya terkait kedisiplinan dan kebersihan lingkungan sekolah dan ruang kelas.

“Saya datang ke sini untuk melihat dari dekat bagaimana keadaan di SMA Negeri 1 Soe. Sekitar jam 07.00 saya sudah ada di sekolah sini tetapi saya sampai di sini baru ada 3 orang guru yang sudah ada di sekolah sementara guru lain bersama kepala sekolah belum tiba di sekolah,” ungkapnya terkait persoalan kedisiplinan yang ia temukan.

Sementara terkait kebersihan lingkungan sekolah, Ayub mengatakan masih menemukan kondisi halaman sekolah dan ruang kelas yang belum bersih bahkan terdapat banyak sampah. Ayub mengaku sedih dan kecewa melihat kondisi sekolah tersebut baik dalam hal kedisiplinan maupun kebersihan di luar maupun di dalam kelas.

Kabid Ayub Sanam membersihkan salah satu ruang kelas di SMAN 1 Soe.

Ia menegaskan bahwa kedisiplinan dan kebersihan merupakan hal yang penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Kedisiplinan dan kebersihan, tandasnya, merupakan manajerial yang paling kecil namun ia menyayangkan hal sekecil itu pun belum mampu diurus dengan baik oleh pihak sekolah.

“Kelas bapak /ibu itu jorok sekali, karena itu diharapkan ada kepekaan baik guru maupun peserta didik terkait kebersihan, karena itu merupakan hal kecil yang harus diselesaikan terlebih dahulu,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, jika kedisiplinan dan kebersihan yang merupakan hal sederhana ini saja tidak mampu diatasi maka kita akan menghasilkan calon -calon pemimpin masa depan yang tidak akan bertanggung jawab.

“Saya minta agar persoalan terkait dengan kedisiplinan dan kebersihan ini yang pertama dan terakhir ditemukan. Karena itu bapak/Ibu harus menjadi teladan dan contoh bagi peserta didik,” ungkapnya usai membersihkan ruangan dan melakukan rapat bersama dewan guru.

Kabid Ayub membersihkan salah satu sudut lingkungan sekolah.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Soe, Yoram J. Isu, menyampaikan terima kasih kepada Kabid Dikmen Dinas PK NTT yang sudah melakukan pemantauan di sekolahnya dan masih menemukan beberapa persoalan yang ada serta menegur secara langsung.

“Selaku kepala sekolah saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kabid Dikmen yang sudah memantau secra langsung dan menemukan beberapa persoalan dan menegur kami secara langsung. Karena itu teguran yang nyata ini merupakan bentuk kepedulian kepada kami agar bisa berbenah ke depan,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Soe yang juga Ketua MKKS SMA se-kabupaten TTS. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here