Marsianus Jawa: Pembangunan Gedung Sekolah Perlu Diikuti Pembangunan Kualitas

0
318
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTT, Drs. Marsianus Jawa, M.Si., ketika menyerahkan izin operasional SMAN 2 Soa.

Ngada, SEKOLAHTIMUR.COM – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTT, Drs. Marsianus Jawa, M.Si., mengingatkan, pembangunan gedung sekolah perlu diikuti dengan upaya pembangunan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Hal ini disampaikannya dalam acara penyerahan izin dan peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA Negeri 2 Soa pada Jumat (18/02/2022) di Desa Tarawali, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada.

“Kita jangan hanya berhenti di pembangunan gedung sekolah saja tetapi bagaimana sama-sama mempertimbangkan output nanti sesuai dengan potensi yang ada di sekitar kita,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Marsianus mengapresiasi pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Ngada yang selama ini menaruh perhatian pada pendidikan di daerah tersebut. Ia menegaskan pemerintah provinsi selalu siap mendukung setiap upaya dalam membangun pendidikan di NTT dengan proses perizinan yang mudah.

“Dalam catatan saya di tiga tahun terakhir pembukaan sekolah baru terbanyak di NTT adalah Ngada urutan pertama. Itulah patut dibanggakan karena dukungan pemerintah dan masyarakat terhadap pendidikan sangat tinggi. Menyangkut perijinan sebenarnya tidak terlalu sulit, kalau kita masukan syaratnya sesuai ketentuan, ajukan hari ini, hari ini juga keluar izinnya,” jelas Marsianus.

Wakil Wupati Ngada, Raymundus Bena, S.S., M.Hum., menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah memperjuangkan hadirnya lembaga pendidikan di wilayah Ngada khususnya SMAN 2 Soa dengan penyerahan izin operasional sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung SMAN 2 Soa, Kab. Ngada, NTT

“Patut kita syukuri ini semua berjalan juga tidak terlepas dari campur tangan oleh Yang Maha Kuasa sehingga kita bisa berada di sini dan memulai hal yang luar biasa yaitu membangun lembaga yang diharapkan warga yaitu SMAN 2 Soa ini. Terima kasih kepada semua lembaga terkait, yang tidak kalah penting Dinas PMPTSP Provinsi NTT yang punya wewenang untuk kemajuan dan masa depan anak-anak kita tercinta. Saya berharap agar kekompakan ini harus terus berjalan agar apa yang kita harapkan buat anak-anak kita tercapai,” ungkapnya.

Pantauan media acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMPTSP Provinsi NTT, Drs. Marsianus Jawa, M.Si., Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena, S.S., M.Hum., Wakil Ketua DPRD Kab. Ngada, Aloysius Soa, Korwas Dikmen Kab. Ngada, Drs. Matias Sudin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ngada, Drs. Vinsensius Milo, M.M., para pengawas dan kepala sekolah. Hadir pula Camat Soa bersama para kepala desa terdekat, perwakilan TNI, Kapolsek Soa, IPTU Yakobus Deko Day, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Acara diawali dengan doa dan berkat oleh RD. Daniel Aka, Pastor Paroki Salib Suci Soa, dilanjutkan dengan seremonial adat “Batu Ha’e” oleh tokoh adat setempat. “Batu Ha’e” merupakan ritual adat masyarakat Soa untuk memohon restu alam dan leluhur agar semua yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here