MGMP Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Kupang Gelar Bedah Buku

0
204
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, M.Pd., ketika membuka kegiatan Bedah Buku "Berguru Pada Murid" di aula SMKN 3 Kota Kupang, Kamis (24/03/2022).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Kupang menggelar Bedah Buku berjudul “Berguru Pada Murid” karya guru SMAN 1 Kota Kupang, Mezra E. Pellondou, S.Pd., M.Hum., bersama 12 peserta didik SMAN 1 Kota Kupang. Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka di aula SMKN 3 Kota Kupang, dan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, serta disiarkan oleh TV Andi pada Kamis (24/03/2022).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kegiatan, Winibaldus Gampu, S.Pd., mengungkapkan, kegiatan bedah buku merupakan momentum emas untuk mengonstruksi kembali cara pandang dan cara berpikir kita bahwa literasi tidak sekadar berteori tetapi diwujudkan dengan tindakan nyata untuk menghasilkan karya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini terlaksana berkat ide, dukungan, dan kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dengan SMA/SMK se-Kota Kupang.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT yang telah memberi tanggung jawab dan mendukung serta memfasilitasi panitia dalam menyukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber dan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada penerbit dan TV Andi, dan para kepala SMA/SMK se-Kota Kupang yang telah memberikan kontribusi bagi terlaksananya bedah buku.

“Kiranya momen bedah buku hari ini menjadi spirit baru bagi kami bapak dan ibu guru untuk menggerakkan literasi di sekolah masing-masing agar ke depan bisa melahirkan ‘Mezra-Mezra’ baru dalam berkarya, baik berupa puisi, cerpen, novel, dan artikel, serta karya inovatif lainnya,” pungkasnya.

Tangkapan layar kegiatan Bedah Buku “Berguru Pada Murid”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, M.Pd., didampingi sejumlah pejabat struktural Dinas PK NTT, Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Kupang, Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Kupang, sejumlah kepala sekolah dan guru SMA/SMK se-Kota Kupang, perwakilan Kantor Bahasa Provinsi NTT, perwakilan Penerbit dan TV Andi, serta puluhan peserta yang bergabung secara virtual.

Sementara hadir sebagai narasumber yakni, Ketua Program Pascasarjana Undana Kupang, Prof. Felix Tans, akademisi dan penulis Undana Kupang, Dr. Marsel Robot, serta mahasiswa S2 Psikologi Positif UNY, Bernadetha Putri Puspita, S.Psi. (rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here