217 Peserta Didik SMPN 2 Soe Ikut US Daring

0
385
Kepala SMP Negeri 2 Soe, Edison M. S. Boimau, S.Pd.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Sebanyak 217 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Soe mengikuti ujian sekolah (US) tahun pelajaran 2021/2022. US tersebut digelar secara daring pada Senin – Kamis, 25 – 28 April 2022.

Kepala SMP Negeri 2 Soe, Edison M. S. Boimau, S.Pd., yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022) menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian sekolah (US) tahun pelajaran 2021/2022 bagi peserta didik kelas  IX di Kabupaten TTS dilaksanakan secara serentak, namun dalam pelaksanaanya dilakukan dengan berbagai moda.

“Untuk pelaksanaan ujian sekolah tahun pelajaran 2021/2022, kami di SMP Negeri 2 Soe menggelar ujian sekolah dengan tes tertulis dengan moda daring yang diikuti oleh 217 orang. Dari 217 peserta ujian itu dibagi dalam 11 ruang ujian. Pelaksanaan ujian sekolah ini juga dilakukan secara serentak dengan berbagai moda yaitu Portofolio, Penugasan, dan Tes tertulis. Dalam pelaksanaannya ada sekolah yang memilih moda daring maupun offline,” ungkapnya.

Edison menguraikan, pelaksanaan US secara daring dengan tes tertulis dengan moda daring itu sempat mengalami kendala pada android milik peserta didik. Kendala tersebut, jelasnya, diatasi dengan menggunakan laptop atau komputer milik sekolah sehingga peserta didik yang mengalami kendala dengan android miliknya bisa mengikuti ujian dengan baik dan lancar.

Ia menilai bahwa pelaksanaan US dengan moda daring sangat menguntungkan. Menurutnya, selain pelaksanaan ujiannya simpel, juga menghemat biaya dan tenaga.

“Ujian sekolah yang dilaksanakan dengan tes tertulis dengan moda daring ini sangat baik bagi kami warga sekolah karena para guru tidak terlalu sibuk untuk bagi soal maupun lembar jawaban. Selain dari itu juga lebih menghemat biaya penggandaan soal dan juga hemat tenaga. Jadi, itulah kelebihan jika sekolah mau melakukan ujian secara daring,” tuturnya.

Peserta US daring SMPN 2 Soe.

Pada kesempatan tersebut, selaku Ketua MKKS SMP/MTs Kabupaten TTS, Edison Boimau juga menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan SMP di Kabupaten TTS sebanyak 183 sekolah negeri maupun swasta. Dari 183 sekolah  itu ada 3 sekolah MTs yang telah melakukan ujian sekolah pada tanggal 16 April 2022, sementara sekolah lainnya serentak sesuai dengan jadwal, baru melakukan ujian sekolah pada Senin (25/4/2022) dan akan berakhir pada Kamis (28/4/2022).

“Dari 180 sekolah itu, ada 3 sekolah yang pada tahun ini belum melakukan ujian sekolah karena belum ada peserta didik kelas IX, sementara ada 1 sekolah yang memilih untuk melakukan ujian sekolah dengan moda portofolio. Sementara 176 SMP di TTS memilih melakukan ujian sekolah dengan tes tertulis. Dari 176 sekolah yang melakukan ujian dengan tes tertulis ini ada 55 sekolah yang menggunakan moda daring sementara yang lainnya menggunakan moda offline,” jelasnya.

Dirinya merasa bersyukur karena pada pelaksanaan ujian sekolah pada tahun 2021/2022 ini ada peningkatan, dimana terdapat 55 sekolah yang memilih untuk melakukan ujian sekolah dengan moda daring dibanding tahun sebelumnya hanya ada 11 sekolah saja. Ia berharap ke depan semua sekolah di TTS bisa melakukan ujian sekolah dengan moda daring.

“Saya berharap pelaksanaan ujian sekolah yang diselenggarakan secara serentak ini bisa berjalan dengan lancar, baik yang memilih moda offline maupun moda daring,” tandasnya.

Marci Nomleni, S.Pd.

Sementara Ketua Panitia US SMPN 2 Soe, Marci Nomleni, S.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa terkait US daring ini, peserta didik sudah dipersiapkan sebelumnya, yaitu pada pelaksanaan penilaian tengah semester (PTS), dan juga saat penilaian akhir semester (PAS). Dengan demikian peserta didik sudah terbiasa menyelesaikan soal-soal menggunakan android masing-masing dan juga menggunakan komputer atau laptop milik sekolah.

“Tentu sebelum memulai dengan ujian sekolah, para peserta didik telah dibekali dengan berbagai materi maupun dengan cara menggunakan android sehingga dari 217 peserta ujian ini semuanya bisa mengikuti ujian dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Marci berharap agar pelaksanaan ujian sekolah yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut dapat berjalan dengan lancar hingga selesai. Ia juga meminta kepada para peserta didik untuk terus belajar dan menjaga kesehatan agar bisa mengikuti ujian dengan baik. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here