Gebyar SMK se-Kabupaten TTS Berpusat di SMKN Kolbano

0
313
Sendratari "Kol Han Bano" oleh peserta didik SMKN Kolbano, binaan Yaspensi.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, MKKS SMK Kabupaten TTS menggelar Gebyar SMK se-Kabupaten TTS. Gebyar ini berpusat di SMK Negeri Kolbano pada Kamis – Jumat, 28 – 29 April 2022.

Sebanyak 28 SMK dari 34 SMK yang ada di Kabupaten TTS berpartisipasi dalam 4 mata lomba yang digelar panitia. Empat mata lomba tersbeut yakni, Cipta dan Baca Puisi, Solo Putra dan Putri, Debat Bahasa Inggris, dan Debat bahasa Indonesia.

Sekretaris Korwas Dikmensus Kabupaten TTS, Jeremias Pelle, yang hadir membuka gebyar SMK tersebut menyampaikan bahwa menyongsong Hardiknas tahun 2022, ada upaya pemerintah untuk melakukan pemulihan pendidikan karena kurang lebih selama 3 tahun ini terjadi “learning loss” akibat dari pandemi Covid-19 sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara normal.

Karena itu, lanjutnya, untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi peserta didik SMK, pada tahun ini digelar gebyar di bawah tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar”. Melalui kegiatan yang digelar ini para peserta didik harus bangkit dan menunjukkan kreativitas dan inovasi yang kritis berbasis profil pelajar Pancasila.

“Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan gebyar SMK, dan tahun ini adalah gebyar yang termegah. Ajang ini adalah ajang kemampuan untuk unjuk kerja anak SMK guna menunjukkan kreativitas dan inovasi untuk empat mata lomba,” ungkap Jeremias.

Perlombaan ini bukan untuk mencari juara tetapi untuk menyampaikan kepada publik bahwa SMK di Kabupaten TTS hidup dengan kreativitas dan inovasi untuk memulihkan kembali pembelajaran yang tidak maksimal selama ini akibat dari pandemi Covid-19 sekaligus juga untuk membangkitkan kembali semangat juang belajar anak-anak di Kabupaten TTS terkhususnya di SMK,” tandasnya.

Ketua MKKS SMK Kab. TTS (kiri) dan Kepala SMKN Kolbano (kanan).

Ketua MKKS SMK Kabupaten TTS, Drs. Bernadus Na’atonis, M.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa selain dalam rangka memeriahkan Hardiknas, gebyar SMK tingkat Kabupaten TTS tahun 2022 juga digelar sebagai ajang promosi SMK.

“Gebyar SMK yang kami MKKS SMK Kabupaten TTS selenggarakan ini dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2022. Kegiatan ini merupakan tahun yang kedua dengan berbagai mata lomba yang diikuti oleh para peserta didik, karena itu momen ini juga sekaligus sebagai ajang promosi bagi kami SMK karena berdasarkan tagline yang ada bahwa SMK itu bisa dan hebat,” tuturnya.

Bernadus juga mengaku bangga karena banyak sekolah yang terlibat dalam gebyar SMK yang diselenggarakan di SMK Negeri Kolbano. Selain itu, ada juga nuansa baru pada acara pembukaan dengan adanya pementasan Sendratari “Kol Han Bano” oleh peserta didik SMKN Kolbano.

“Gebyar SMK yang berpusat di SMK Negeri Kolbano tahun ini sangat membanggakan karena dari 34 SMK yang tersebar di Kabupaten TTS ini, ada 28 sekolah yang berpartisipasi, sementara hanya 6 sekolah yang tidak berpartisipasi. Namun ada nuansa baru pada gebyar SMK tahun ini karena ada pementasan sendratari yang dipentaskan oleh para peserta didik dari SMK Negeri Kolbano dengan judul Sendratari Kol Han Bano,” urainya.

Selaku ketua MKKS, Bernadus juga menyampaikan bahwa dalam setiap perlombaan, ada yang juara dan ada yang tidak dapat juara, karena itu diharapkan agar para peserta yang mengikuti lomba jangan merasa kecil atau minder jika tidak memperoleh juara.

“Karena itu bukan tujuan utama dari gebyar SMK tetapi tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan SMK di Kabupaten TTS dan juga sebagai momen untuk silaturahmi dalam menjaga hubungan kerja antara sekolah yang satu dengan yang lain,” tegasnya.

Ketua panitia kegiatan, Alfonsus A. Tapatab, dalam laporan kepanitiaannya menyampaikan bahwa dalam rangkaian menyongsong Hardiknas pada tanggal 2 Mei 2022, dianggap penting untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hal ini berdasarkan pada misi dari Kemendikbudristek yang salah satunya adalah untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra.

“Oleh karena itu, kegiatan gebyar SMK se-Kabupaten TTS ini menjadi perlu untuk dilakukan dan penting bagi setiap sekolah untuk turut berpartisipasi,” kata Alfonsus.

Kepala SMK Negeri Kolbano, Joni Leo, pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada MKKS SMK Kabupaten TTS yang telah menggelar gebyar SMK yang berpusat di sekolahnya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang terlibat dalam kegiatan ini.

Tim Sendratari SMKN Kolbano pose bersama Ketua Yaspensi, Rian Seong, S.Pd., M.Pd.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada MKKS SMK Kabupaten TTS yang pada tahun ini menggelar gebyar SMK yang berpusat di SMK Negeri Kolbano. Ini merupakan sebuah penghargaan dari para kepala SMK se-Kabupaten TTS. Tentu dalam pelaksanaan ini banyak hal yang masih kurang, karena itu sebagai tua rumah kami mohon maaf jika selama kegiatan ada hal-hal yang kurang menyenangkan,” tandasnya.

Pantauan media, acara pembukaan gebyar tersebut berlangsung meriah dengan penampilan Sendratari berjudul “Kol Han Bano” oleh puluhan peserta didik SMKN Kolbano, binaan Tim Divisi Seni Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi). Hadir pada kesempatan tersebut, Korwas Dikmensus Kab. TTS, sejumlah kepala SMK, camat, kepala desa, aparat keamanaan, dan masyarakat setempat, peserta lomba dan guru pedamping, serta tim juri dari IAKN Kupang, Yaspensi, dan STKIP Soe. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here