Rayakan Hari Bahasa Isyarat Internasional, LPPM ITB dan Cafein Cafe Inklusi Luncurkan Augmented Reality Filter Video Instagram

0
40

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Pada tanggal 20 Juli 2022, Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITB yang dipimpin oleh Achmad Ghazali ST., M.A.B., Ph.D. sebagai ketua peneliti dan Raja A. Alrando, Arya B. Adisasmito, Lala Nurfitria dan Syane Rachma Dian yang merupakan Mahasiswa S2 MBA ITB sekaligus project officer mengunjungi Gedung Dekranasda NTT untuk melakukan pertemuan dan berdiskusi bersama perwakilan Dekranasda NTT untuk menggali lebih lanjut mengenai tantangan dan harapan mengenai aktivitas pemasaran UMKM binaan Dekranasda NTT secara digital.

Pertemuan selanjutnya bersama Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dilakukan secara daring, pada tanggal 8 Agustus 2022. Tidak hanya itu, sebagai wujud semangat inklusivitas. Kopi Saa dengan mengusung merk Cafein (Cafe Inklusi) mendorong dan memberi kesempatan kepada teman tuli di Kota Kupang untuk terlibat langsung dalam proses bisnis, dalam hal ini adalah kedai kopi dan mengisi setiap posisi mulai dari barista, kasir dan posisi lainnya. LPPM ITB berinisiasi untuk membuat Augmented Reality berupa video filter yang dipasang pada akun instagram @cafein_cafeinklusi yang berisi video bahasa isyarat pilihan dari tim Kopi Saa dan Cafein untuk menunjang komunikasi antara pelanggan (teman dengar) dan teman tuli.

Augmented Reality (AR) Video Untuk mendukung gerakan inklusivitas di Cafein

Tidak hanya membuat ruang pameran virtual. LPPM ITB juga bekerjasama dengan salah satu UMKM Binaan Dekranasda yaitu Kopi Saa. Dengan memberikan dukungan kepada merek yang dibangun bersama teman tuli Kupang dengan nama Cafein – Cafe Inklusi. Dimulai dengan pengalaman personal para project officer LLPM ITB yang kesulitan berkomunikasi dengan punggawa Cafein yang merupakan teman tuli. Maka bersama Sicha dan Kichi sebagai pemilik cafe dan tim LPPM ITB mencetuskan untuk membuat sebuah aktivasi dengan metode Augmented Reality Video yang berisikan bahasa isyarat sebagai metode edukasi dan memperlancar komunikasi antara teman tuli dan teman dengar.

Sekilas tentang AR yang dimaksud adalah. Lima video bahasa isyarat yang telah direkam oleh tim cafein, lalu dilakukan penyuntingan sesuai kebutuhan dan ditautkan pada akun instagram @cafein_cafeinklusi. Cara penggunaannya adalah: 1. Para pengunjung cafe dapat membuka aplikasi instagram; 2. Lalu membuka akun instagram @cafein_cafeinklusi; 3. Memilih menu filter; 4. Memilih salah satu dari lima filter yang tersedia; 5. Mengarahkan kamera belakang pada logo cafein yang terdapat pada buku menu, cangkir plastik ataupun meja kasir; 6. Maka akan muncul gerakan dan arti dari bahasa isyarat yang dipilih; 7. Pengunjung dapat meniru dan merekam lalu menunggah pada akun instagram pribadi

Kami mengharapkan para pengunjung dapat mempraktekkannya untuk berkomunikasi dengan taman tuli di Cafein. Aktifitas ini juga tentu saja dapat menjadi solusi ketika menunggu pesanan dibuatkan dan atau menikmati kopi sajian dari cafein.

Dengan AR Video Filter ini tim LPPM ITB, Kopi Saa dan Cafein berharap interaksi digital yang mengangkat promosi Cafein melalui kanal sosial media instagram dan juga mendorong aktivai dan interaksi organik bagi marketing Cafein antara pengunjung cafe dan punggawa cafein, Bahasa isyarat ini juga dapat direkam selagi mereka mempraktikkan dan mengunggahnya ke kanal instagram personal pengunjung. (Siaran Pers LPPM ITB dan Dekranasda NTT/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here