Gubernur NTT: Peran Guru Sangat Penting dalam Dunia Pendidikan

0
164
Pose bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kadis PK NTT Linus Lusi, Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, serta perwakilan Internasional Abacus Bryan Gym.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Gubernur NTT Viktor Bungitlu Laiskodat (VBL) mengungkapkan, peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam membangun intelektual dan daya tahannya. Hal ini disampaikan Gubernur VBL ketika menerima perwakilan Internasional Abacus Bryan Gym di ruang kerjanya pada Jumat (06/01/2023).

Sebelumnya lembaga tersebut mengadakan Kompetisi Matematika dan Sampoa tingkat dunia yang dikemas dalam Internasional Abacus World Compatition. Dalam kompetisi tersebut, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT, Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay yang akrab dipanggil Nono meraih juara pertama.

“Saya merasa senang dan bangga melihat anak seperti Nono yang cerdas dan membanggakan NTT tetapi juga dunia, dan peran guru yang sangat penting dan baik dalam dunia pendidikan membawa anak yang cerdas,” ungkap Gubernur VBL.

Gubernur Viktor mengatakan, tangung jawab seorang guru dalam kegiatan pendidikan masih panjang, anak-anak harus mandiri dan basic-nya harus dijaga.

“Ukuran kita pada kurva normal tidak harus satu namun harus membangun pendidikan anak-anak seperti Nono sekalipun tidak harus sama tapi sedikit di bawah Nono,” ujar Gubernur VBL.

“Tidak ada yang tidak bisa, semua anak itu pasti bisa dengan cara yang berbeda-beda. Jaga anak-anak sampai usia yang matang dan tidak membuat anak menjadi stres. Membuat anak menjadi manusia yang hebat bukan hanya intelektual, tetapi daya tahannya,” kata Gubernur VBL.

Gubernur Viktor, setiap anak harus didik menjadi cerdas karena para guru sedang membentuk sumber daya manusia, sehingga tidak harus dilakukan dengan kekuatan fisik karena para guru bukan sedang membangun robot.

“Semua tergantung daya tahan, moral harus diisi dengan baik. Semua merasa rasional karena lahir dari pikiran yang cerdas. Jadi manusia yang hebat bukan hanya intelektual tetapi daya tahan kita yang pelan-pelan menjadi kuat. Itu tetap dilatih untuk tetap bertahan supaya anak tidak menjadi stres tetapi tekanan tetap harus ada,” kata Gubernur VBL.

Menurut Gubernur VBL banyak orang membuat anaknya cerdas tetapi tidak mencerdaskan, bahkan  tidak memiliki daya tahan sehingga yang didapatkan di lapangan membuat daya tahannya tidak kuat. Manusia itu harus mempunyai intelektual yang kuat dan juga spirit yang kuat.

“Para orang tua harus terus memberikan afeksi atau kasih sayang terhadap anak-anak karena afeksi yang lemah maka daya tahan anak dalam menghadapi berbagai tantangan menjadi lemah,” tegas Gubernur VBL.

Sementara itu perwakilan Internasional Abacus World Compatition, Lily Sianto menyampaikan maksud kedatangannya yaitu mengundang Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT serta jajarannya untuk berkenan hadir pada acara penyerahan penghargaan kepada Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay.

“Nono berada pada juara pertama pada tahun 2022, sedangkan juara tiga diduduki olehnya pada tahun 2021 yang telah membawanya sampai sekarang,” ungkap Lily Sianto.

Abacus World Competition merupakan wadah perlombaan Matematika untuk seluruh siswa Abacus Brain Gym di seluruh dunia. Skor dinilai dari jumlah file yang dikerjakan siswa selama satu tahun. Satu file terdiri dari 10 soal. Tiap file yang dihitung untuk penilaian minimal mendapat nilai 70. Kompetisi ini ditutup dan pemenangnya diumumkan pada akhir Desember 2022. Nono juga merupakan peraih juara Lomba Olimpiade Matematika internal Sekolah Binaan Astra.

Abacus Brain Gym 2022 adalah kompetisi tingkat dunia yang diikuti sekitar 7.000 siswa dari seluruh dunia, dan Nono berhasil berada di posisi pertama. Sedangkan posisi kedua diduduki peserta dari Qatar, dan posisi ketiga dari USA.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Linus Lusi, S.Pd., M.Pd. Hadir pula perwakilan SD Inpres Buraen 2. (Siaran Pers Biro Adminsitrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here