Perayaan Nataru 2023 Kemendikbudristek Hadirkan Semangat Transformasi Pendidikan

0
74
Perayaan Natal KORPRI Kemendikbudristek Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023. (Foto: kemdikbud.go.id)

Tondano, SEKOLAHTIMUR.COM – Menguatkan gotong royong dalam semangat kebinekaan menjadi asa yang terus dihadirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim saat memberikan sambutan pada Perayaan Natal KORPRI Kemendikbudristek Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Aula Walanda Maramis, Universitas Negeri Manado, pada Jumat (06/01/2023).
 
Nadiem juga menambahkan bahwa gotong royong diperlukan di antara kementerian, pemerintah daerah, satuan pendidikan, orang tua, dan masyarakat untuk senantiasa menciptakan ekosistem pembelajaran yang menyenangkan dan inklusif terutama memerangi tiga dosa besar pendidikan yaitu perundungan, kekerasan seksual, dan intolerasi.
 
“Selain itu saya juga terus mendorong seluruh anggota KORPRI Kemendikbudristek untuk dapat mengemban tanggung jawab dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di negeri yang kita cintai, Indonesia. Selamat Natal 2023 untuk semua pegawai umat Kristiani di lingkungan KOPRI Kemendikbudristek dan selamat tahun baru 2023,” tutur Menteri Nadiem.
 
Pada kesempatan yang sama turut hadir Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang memberikan apresiasi untuk semua pihak yang mendukung terselenggaranya Perayaan Natal KOPRI Kemendikbudristek. “Secara khusus selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih karena Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terpilih menjadi tempat diselenggarakannya acara Natal KORPRI Kemendikbudristek tahun ini,” ucap Olly.
 
Selanjutnya, Ketua Panitia Natal, Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen), Oscar O. Wambrauw dalam laporannya menyampaikan persiapan, koordinasi serta bakti sosial (baksos) pra Natal yang telah dilaksanakan. ”Pada rangkaian pelaksanaan kegiatan Ibadah Perayaan Natal 2022 dan Tahun 2023 di lingkungan Kemendikbudristek secara hibrida telah dipercayakan Uncen, Universitas Negeri Manado (Unima) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sebagai pelaksana kegiatan,” jelas Oscar.
 
Lebih lanjut, Oscar menyampaikan kegiatan baksos yang telah dilaksanakan oleh pegawai umat Kristiani Kemendikbudristek Jakarta, Uncen, Unima, dan Unsrat. ”Baksos yang dilakukan dengan memberikan bantuan berupa dana dan kebutuhan sehari-hari yaitu di Jakarta terlaksana di Rumah Singgah Kanker (Cancer Information and Support Center/CISC), di Papua terlaksana di Panti Asuhan Putri Kerahiman Jayapura, dan di Sulut terlaksana di Panti Asuhan Dorkas Mutmainnah Tomohon dan Panti Asuhan Dorkas Tondano,” jelas Oscar.
 
Perayaan ini berlangsung khidmat dengan adanya penyampaian refleksi Natal oleh Pastor Jhon Bunai dan pesan damai Natal oleh Pendeta Hein Arina. Di dalam rangkaian Perayaan Natal, para tamu yang hadir dihibur oleh penampilan Paduan Suara mahasiswa Uncen, Unima, Unsrat dan Tari kontemporer dari siswa Sekolah Dasar GMIM IV Tomohon. (kemdikbud.go.id/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here