Kantor Bahasa Provinsi NTT Gelar Malam Penganugerahan Duta Bahasa NTT 2023

0
714
Pose bersama Panitia, Dewan Juri, dan Para Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Povinsi NTT Tahun 2023.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Malam Penganugerahan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2023 pada Sabtu (19/03/2023) di Grand Flamboyan Hotel Swiss-Belcourt Kupang. Kegiatan yang didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Duta Bahasa Provinsi NTT ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT Elis Setiati, S.Pd., M.Hum.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua Dekranasda Provinsi NTT Maria Fransisca Djogo selaku Juri Kehormatan didampingi Dewan Juri yakni, Frans Adi Tiran , S.S., Ina Djara, S.Sos., M.M., dan Dr. Jermy Imanuel Balukh. Hadir pula staf Kantor Bahasa Provinsi NTT, Dewan Penasihat dan Pembina serta Anggota IKA Duta Bahasa Provinsi NTT, para Koordinator KKLP Kantor Bahasa Provinsi NTT, pers, dan sejumlah keluarga kontestan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2023, serta Paduan Suara San Jose yang turut memeriahkan acara tersebut dengan beberapa nomor lagu.

Penampilan 60 Besar di awal acara.

Dalam arahannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT Elis Setiati, S.Pd., M.Hum., mengungkapkan bahwa Kantor Bahasa Provinsi NTT memiliki tugas dan fungsi (TUSI) yakni melindungi dan memasyarakatkan bahasa dan sastra Indonesia di Provinsi NTT. Pemilihan Duta Bahasa, ungkapnya, menjadi bagian penting dari tugas dan fungsi tersebut.

“Mudahan-mudahan kegiatan yang dilakukan dari tahun ke tahun ini mendapatkan apresiasi, inspirasi, dari segala kalangan. Jadi kami juga berharap kegiatan ini bermanfaat untuk generasi muda di Provinsi NTT,” ungkapnya.

Elis Setiati pun mendorong agar generasi muda di NTT dapat memaksimalkan potensi dirinya. Ia menilai, saat ini masih banyak anak muda yang malu untuk mengekspresikan kemampuannya.

Pengumuman 10 Besar.

“Saya menilai unjuk bakat kemarin saya baru bisa memahami bahwa orang NTT ini malu, tidak dengan mudah mengeluarkan bakat dengan senegap hatinya. Saya ingin anak muda NTT, ayo, ketika Anda punya bakat, berikan yang terbaik untuk NTT karena bakat yang kecil akan membawa hal yang besar untuk kita semua,” ujarnya.

“Jadi mudah-mudahan teman-teman muda ketika mendapatkan juri yang hebat-hebat ini, memberikan penampilan terbaik. Berikan senyuman terbaik, berikan tatapan terbaik, berikan cara-cara yang baik dalam bertingkah laku dan berikan pemikiran yang baik,” tandasnya.

Tahapan Kegiatan

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2023, Linawati, S.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terdiri atas beberapa tahapan, dimulai sejak tanggal 20 Januari 2023 dan berakhir pada Malam Penganugerahan Duta Bahasa Provinsi NTT tanggal 18 Maret 2023.

Tahapan yang telah dilaksanakan adalah Seleksi Administrasi dengan pendaftar 139 peserta, terdiri atas 85 perempuan dan 54 laki-laki. Pendaftar berasal dari hampir seluruh kota dan kabupaten di Provinsi NTT terdiri atas mahasiswa, guru, maupun kategori umum. Pendaftar yang lolos sebanyak 109 peserta, terdiri atas 65 perempuan dan 44 laki-laki.

Presentasi Krida oleh salah satu peserta.

Lebih lanjut diungkapannya, berdasarkan Tes Kebahasaan dan TKBI, diperoleh 60 peserta, yakni 30 perempuan dan 30 laki-laki. Selanjutnya peserta mengikuti tahap wawancara, tes UKBI, pembinaan selama dua hari untuk diperoleh 30 besar, terdiri atas 15 laki-laki dan 15 perempuan. Dari 60 peserta, 3 peserta laki-laki mengundurkan diri karena jadwal praktikum dan lokasi peserta berada di luar kota Kupang.

“30 besar peserta masuk ke tahap Unjuk Bakat, melalui akumulasi nilai dari TKBI 10%, UKBI 20%, Wawancara Umum 25%, Wawancara Bahasa Asing 25%, dan Krida 20%. Pembinaan telah dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 15—16 Maret 2023. Unjuk Bakat 30 Besar telah dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Maret 2023. Nilai Unjuk Bakat 30 Besar peserta akan diakumulasi dengan nilai sebelumnya untuk memperoleh 10 besar, yakni 5 laki-laki dan 5 perempuan,” ujarnya.

“10 Besar akan masuk pada sesi presentasi krida dan wawancara dewan juri pada Malam Penganugerahan ini. Selanjutnya, terdapat juara terfavorit terdiri atas 1 laki-laki dan 1 perempuan, yang nilainya diambil dari nilai selama tahap awal sampai pembinaan, ditambah dengan jumlah sukai pada unggahan foto di media sosial instagram Duta Bahasa Provinsi NTT. 10 orang peserta yang akan maju pada babak 10 besar akan disampaikan setelah ini. Peserta terbaik I nantinya akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional pada 17 Agustus 2023,” jelas Linawati.

Daftar Pemenang

Setelah melewati tahap presentasi Krida oleh 10 besar terpilih dilanjutkan tanya-jawab, juga akumulasi nilai diambil dari nilai selama tahap awal sampai pembinaan, ditambah dengan jumlah sukai pada unggahan foto di media sosial instagram Duta Bahasa Provinsi NTT, Dewan Juri memutuskan daftar pemenang dalam Berita Acara Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2023 sebagai berikut.  

Dewan Juri Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2023.

Pemenang Putra: Rivaldi Yohanis Henuk (Terbaik I Putra), Joseph Ricardo Wunda (Terbaik II Putra), Dominikus Dionisius Temdy Tukan (Terbaik III Putra), Imanuel Yoel Sulumasi (Harapan I Putra), Andre Aditya Kanni (Harapan II Putra), dan Januarius Johanson Balla (Terfavorit Putra).

Pemenang Putri: Yelindri Juana Martha Taosu (Terbaik I Putri), Debora Mboeik (Terbaik II Putri), Herlovina Angelina Edon (Terbaik III Putri), Eno Manekan Benu (Harapan I Putri), Tazyaneida Zhuelaina Kedoh (Harapan II Putri), dan Yohana N. N. Bunganaen (Terfavorit Putri). (Robertus Fahik/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here