Songsong Hardiknas, MKKS SMA Kabupaten TTS Gelar Turnamen Voli

0
224
Tim Voli Putra SMKN Kolbano

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2023,  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar turnamen voli putra tingkat SMA/SMK dan SMTK se-Kabupaten TTS. Turnamen tersebut berlangsung di SMA Karya Soe sejak Jumat (21/4/2023) dan akan berakhir pada Minggu (30/4/2023) mendatang.

“Kegiatan turnamen voli putra tingkat SMA, SMK, dan SMTK ini digelar dalam rangka memperingati dan juga memeriahkan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2023,” ungkap ketua panitia kegiatan, Yesaya Y. Boimau, A.Md., S.Th., yang juga menjabat sebagai Kepala SMA Karya Soe.

Yesaya menjelaskan bahwa turnamen voli putra tersebut terselenggara atas kerja sama antara MKKS SMA Kabupaten TTS dengan PBVSI Kabupaten TTS yang mana disponsori oleh Bapak Lukas Banu, S.H., M.Hum., yang merupakan salah satu pengacara di Bali.

“Terselenggaranya turnamen voli putra tingkat SMA, SMK, dan SMTK se-Kabupaten TTS ini atas kerja sama antara kami badan pengurus MKKS SMA  dengan PBVSI Kabupaten TTS. Kegiatan ini juga disponsori oleh Bapak Lukas Banu yang merupakan salah satu pengacara di Provinsi Bali. Turnamen ini diikuti oleh 25 tim dari berbagai SMA, SMK, dan SMTK yang tersebar di wilayah Kabupaten TTS,” ujar Wakil Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS ini.

Yesaya Y. Boimau

“Dalam kegiatan turnamen voli putra ini dana yang dibutuhkan sebanyak 55 juta rupiah, semua dana ini ditanggung oleh Bapak Lukas Banu, beliau merupakan putra asli daerah Kabupaten TTS yang lahir dan besar di pulau Bali. Beliau merasa terpanggil dan tergerak hari untuk men-support para generasi muda khususnya dalam bidang olahraga. Harapan dari Bapak Lukas Banu adalah dengan terselenggaranya turnamen voli ini dapat mempererat hubungan persaudaraan antar pemuda (pelajar) se-Kabupaten TTS, selain itu juga dapat meningkatkan bakat dan minat masing-masing,” jelasnya.

Selalu ketua panitia, Yesaya berharap dengan adanya turnamen voli tersebut para peserta didik dapat meningkatkan bakat dan minat masing-masing dan terus memupuk rasa persaudaraan antar sesama pelajar.

“Kami panitia penyelenggara berharap dengan adanya turnamen ini para peserta dapat menyalurkan bakat dan juga minat nya masing-masing untuk lebih berprestasi. Selain itu juga dapat membangun rasa persaudaraan antar pelajar di kabupaten TTS dan selalu menjunjung tinggi sportifitas,” ungkapnya.

“Turnamen ini kami sebut sebagai Turnamen Lukas Banu Cup I, karena beliaulah yang mensponsori kegiatan ini. Sebagai hadiah dalam ajang ini yang juara I akan diberi piagam penghargaan, piala bergilir, piala tetap, dan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta rupiah, Juara II, Piagam penghargaan, piala tetap, dan uang pembayaran sebesar Rp 5 juta rupiah, Juara III, Paigan penghargaan, piala tetap, dan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta rupiah, dan juara IV akan diberikan piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta rupiah. Sedangkan pemain terbaik dan juga tim favorit akan diberikan uang sebesar Rp 1 juta rupiah, sehingga total hadiah sebagai Rp 20 juta rupiah,” urai Yesaya.

Pertandingan Voli Putra SMAN Oeleu Vs SMAN Noebeba

Sementara itu Kepala SMK Negeri Kolbano, Joni Leo, menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah menggelar turnamen voli tersebut. Menurutnya turnamen tersebut dapat meningkatkan mental para peserta didik.

“Selaku kepala sekolah, saya menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menggelar turnamen voli tingkat SMA dan SMK se-kabupaten ini. Turnamen voli ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami dari tim SMK Negeri Kolbano yang turut berpartisipasi dalam ajang memperingati hari pendidikan nasional pada tahun ini,” ujarnya.

“Bagi kami juara atau tidak hal biasa dalam sebuah pertandingan, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita mengikutsertakan anak-anak untuk bertanding, karena di sini dapat melatih mental dan sportifitas dalam bertanding. Karena itu kami juga bersyukur tim kami yang sudah masuk ke babak 16 besar, walaupun pada akhirnya kalah tetapi ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri ke depan,” lanjutnya.

Tim Voli Putra SMAN Oeleu

Sementara itu Plt. Kepala SMA Negeri Oeleu, Jon Freid E. Tamonob, S.T., mengatakan bahwa para peserta didiknya memiliki potensi dan juga semangat yang tinggi untuk mengikuti pertandingan tersebut.

“Selaku Plt. kepala sekolah, saya melihat anak-anak memiliki potensi untuk bola voli. Selain memiliki potensi mereka juga memiliki semangat yang tinggi, karena itulah hal yang memotivasi kami para guru yang ada untuk mengikutsertakan anak-anak kami dalam turnamen ini, dan kami selalu mendukung mereka untuk mengeksplor bakat dan minat yang ada,” ungkapnya.

“Jujur bahwa letak sekolah kami yang ada di pedesaan memang cukup jauh untuk bawa tim dari SMA Negeri Oeleu, Kecamatan Toianas ke Kota Soe untuk bertanding, tetapi jarak tidak menjadi penghalang bagi kami untuk turut ambil bagian dalam ajang ini. Karena itu setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik, sekolah wajib untuk memberikan dukungan dan juga ruang kepada mereka untuk mengeksplor setiap bakat dan minat yang ada. Even-even semacam ini sangat penting karena dapat memacu semangat mereka untuk lebih berprestasi di bidang olahraga,” pungkasnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini