Hardiknas 2023, MKKS SMA Kabupaten TTS Gelar Berbagai Lomba

0
219
Pose bersama Korwas SMA, Ketua MKKS SMA, panitia, dan para kepala sekolah usai acara pembukaan.

TTS, SEKOLAHTIMUR. COM – Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 sekaligus menggali potensi peserta didik, Badan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar aneka lomba. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu – Jumat, 10 – 12 Mei 2023 di SMA Kristen 2 Soe.

Koordinator SMA Kabupaten TTS, Yunus Tloim, M.M.,  dalam sambutannya saat membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada para kepala sekolah dan peserta didik yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Untuk para peserta didik yang ikut dalam setiap mata lomba yang dilombakan, kalian adalah orang yang hebat, dan yang hebat juga Bapak/Ibu pendamping dan para kepala sekolah,” ungkapnya.

Suasana pembukaan kegiatan.

Yunus meminta kepada Badan Pengurus MKKS SMA dan panitia agar kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik terus dilakukan.

“Untuk Badan Pengurus MKKS SMA dan panitia, kita berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahun, jika pada tahun ini hanya enam mata lomba yang dilombakan tahun depan bisa tambah lagi mata lomba yang lain,” ujarnya.

Yunus juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengurus MKKS SMA Kabupaten TTS yang telah menyelenggarakan kegiatan yang dinilai sangat positif itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus MKKS SMA dan juga panitia yang telah bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan perlombaan ini,” tandasnya.

Rovis Selan.

Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS, Rovis Selan, mengucapkan terima kasih kepada semua kepala sekolah yang telah mengirimkan timnya sehingga perlombaan bisa berjalan. Ia juga bersyukur karena semua mata lomba ada pesertanya, dan ini menunjukkan bahwa sekolah turut mendukung kegiatan MKKS SMA dalam memeriahkan Hardiknas tahun 2023.

Kepala SMA Negeri  1 Soe ini juga berharap ke depan semua sekolah bisa mengirimkan delegasi untuk semua mata lomba. Ia mengimbau agar lomba-lomba seperti ini dihidupkan di sekolah dalam rangka mempersiapkan anak-anak sehingga nanti pada saat kegiatan di tingkat kabupaten, anak-anak sudah lebih siap atau sekolah sendiri merasa siap untuk bisa terlibat dalam kegiatan lomba dimaksud.

“ini bukan kita mencari sekolah mana yang hebat, tetapi memupuk kebersamaan dan rasa persaudaraan di antara kita sesama SMA dan bahkan memotivasi anak-anak untuk nanti bisa merasa bahwa ada kompetisi dan memacu mereka untuk tampil berprestasi,” tandas mantan Kepala SMA Efata Soe ini.

Weyanus Beti, S.Pd.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Weyanus Beti, S.Pd., saat diwawancarai awak media, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk memperingati Hardiknas tahun 2023. Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi intelektual peserta didik di bidang bahasa, seni, dan budaya.

Kepala SMA Negeri Kualin ini menjelaskan, terdapat beberapa jenis lomba yaitu debat bahasa Inggris, debat bahasa Indonesia, menyanyi solo, tarian berpasangan, cipta dan baca puisi, dan paduan suara.

Weyanus berpesan kepada peserta lomba untuk mengikuti setiap lomba dengan baik dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga untuk lebih meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki.

Suasana lomba.

“Kegagalan yang diperoleh tahun ini merupakan keberhasilan yang tertunda di tahun depan, oleh karena itu, kembali ke satuan pendidikan masing-masing dan berlatihlah secara baik untuk berkompetisi di tahun akan datang, kalah atau menang itu hal biasa dalam sebuah perlombaan, tetapi yang terpenting adalah membangun rasa persaudaraan,” tandasnya.

Lebih lanjut Weyanus menyampaikan bahwa Badan Pengurus MKKS SMA Kabupaten TTS berkomitmen untuk kegiatan di tahun berikutnya tidak berpusat di kota kabupaten tetapi akan dilaksanakan di semua wilayah di Kabupaten TTS.

“Kegiatan perlombaan pada tahun ini juga akan menjadi evaluasi bagi kami Badan Pengurus MKKS, agar ke depan tidak saja berpusat di kota tetapi kami rolling ke sekolah-sekolah yang ada di desa-desa,” ujarnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

—–

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini