Hebat! Anak TK Sta. Maria Imaculata Niki-Niki Jadi Pewara Acara Perpisahan

0
353
Pose bersama dalam acara pelepasan dan perpisahan peserta didik TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki, Jumat (16/06/2023) di sekolah setempat.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki, Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggelar acara pelepasan dan perpisahan bagi 21 peserta didik yang dinyatakan tamat dari sekolah tersebut. Kegaiatan berlangsung pada Jumat (16/06/2023) di sekolah setempat.  

Hal yang menarik dan membanggakan yakni dalam acara tersebut pihak sekolah memberikan kepercayaan kepada anak-anak untuk menjadi pembaca acara (pewara) dan membawakan sambutan mewakili peserta didik. Selain itu anak-anak juga menampilkan ragam kreasinya.

Kepala TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki, Sr. Ma. Fransiska Hoar, RVM menyampaikan bahwa selain KBM, terdapat juga program pengembangan diri dalam proses pembelajaran bagi para peserta didik di sekolah yang dipimpinnya tersebut.

Sr. Ma. Fransiska Hoar, RVM.

“Proses pembelajaran di TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki ini, selain proses KBM di kelas juga ada program pengembangan diri, yang mana progam pengembangan diri ini dilakukan setiap hari Sabtu, itu dilakukan secara terus-menerus selama satu tahun,” ungkap Sr. Fransiska kepada media ini usai acara.

“Tujuan dari kami para guru memberikan kepercayaan kepada para peserta didik untuk menghendel semua rangkaian kegiatan itu guna melatih mental para peserta didik. Karena di saat kita memberikan kepercayaan kepada para peserta didik maka mereka akan lebih percaya diri,” lanjutnya.

Sr. Fransiska menjelaskan bahwa dalam upaya membentuk peserta didiknya, para guru membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang tinggi.

Pose bersama.

“Seperti yang kita saksikan bersama hari ini ternyata anak-anak kita juga bisa menghendel rangkaian kegiatan ini. Penampilan anak-anak hari ini bukan serta merta langsung jadi seperti ini, tapi kami  selalu melatih mereka secara berulang-ulang, di setiap hari Sabtu, perkembangan para peserta didik itu kami selalu ikuti,” ujarnya.

“Dari 21 peserta didik yang dilepas hari ini untuk membaca, menulis, dan menghitung (calistung) rata-rata semuanya sudah bisa. Karena itu selaku kepala sekolah, kami menyampaikan terima kasih atas kerja sama dengan orang tua selama ini yang mana selalu memberikan dukungan kepada anak-anak akhirnya mereka bisa menyelesaikannya dengan baik,” tandasnya.

Ketua Pelaksana Yaswari TTS,  RD. Blasius Udjan, S.Fil., usai memimpin ibadat syukur bersama kepada media ini menyampaikan terima kasih kepada para orang tua/wali peserta didik yang telah mempercayakan anak-anak untuk dibina, dibimbing, dan dilatih di TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki.

RD. Blasius Udjan, S.Fil.

“Sebagai Ketua Pelaksana Yaswari di Kabupaten TTS, mewakili organ yayasan, kami menyampaikan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik anak-anak kita dengan baik. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua/wali peserta didik yang telah mempercayakan anak-anak mereka untuk dibimbing dan dilatih di sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Yaswari TTS,” ungkap RD. Blasius.

RD Blasius juga menyampaikan bahwa sekolah-sekolah yang bernaung di Yaswari TTS  akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu sekolah pendidikan melalui para tenaga pendidik yang ada. Hal ini ditujukan agar sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Yaswari mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada generasi bangsa.

Sementara itu peserta didik TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki, Pregin Karelika Nakamnanu, mewakili 21 temannya membawakan sambutan. Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah, para guru, dan juga para orang tua/wali yang telah mendukung mereka selama proses pembelajaran di sekolah sehingga bisa menyelesaikan dengan baik.

Penampilan anak-anak dalam acara.

“Kami berjumlah 21 orang yang tamat pada tahun ini menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah dan guru -guru yang telah membimbing kami dengan penuh kesabaran selama ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua kami yang selalu mendukung kami dan hari ini kami bisa menyelesaikan pendidikan kami di TK Santa Maria Imaculata Niki-Niki. Kami juga bersyukur kepada Tuhan karena selama satu tahun telah menuntut dan melindungi kami dalam proses pembelajaran di sini,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para guru di TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki karena atas didikan serta bimbingan dari para guru yang ada akhirnya mereka bisa membaca, menulis, dan menghitung, terlebih dari itu mereka tahu arti kedisiplinan.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada para guru yang ada, karena selama proses pembelajaran di sekolah ini pasti ada hal-hal yang tidak menyenangkan suster dan juga guru-guru di sini, kami mohon maaf,” ujarnya.

Muti Nakamnanu.

Sementara itu mewakili para orang tua/wali peserta didik, Muti Nakamnanu juga menyampaikan terima kasih kepada para guru di TK Santa Maria Immaculata Niki-Niki yang telah memberikan didikan yang baik kepada anak-anak mereka hingga akhirnya bisa selesai dengan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

“Mewakili orang tua/wali, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada para guru yang ada di TK Imaculata Niki-Niki ini. Kami sebagai orang tua merasa bangga karena anak-anak yang kami titipkan di sini ternyata di luar dari apa yang kami bayangkan sebelumnya. Pada hari ini setelah melihat anak-anak kami yang dipercayakan untuk membawakan setiap rangkaian acara dan mengisi kegiatan-kegiatan yang ada, kami sebagai orang tua sangat bangga,” ungkapnya.

“Mewakili orang tua, kami juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam proses pembelajaran selama satu tahun di sini ada hal-hal yang telah melukai hati para guru di sini, kami mohon untuk dimaafkan,” pungkas Muti Nakamnanu yang juga menjabat Kepala SMK Kristen Niki-Niki.

Pantauan media ini, acara pelepasan serta perpisahan tersebut diawali dengan ibadat syukur bersama yang dipimpin oleh RD. Blasius Udjan, S.Fil. Selain ibadat bersama, dalam acara tersebut peserta didik menampilkan ragam kreasi seperti paduan suara, puisi, tari, dan fashion show.

Sementara itu berperan sebagai pembawa acara (pewara) yakni peserta didik TK Immaculata Niki-Niki atas nama Reina Deamor Haliwala dan Sean Chrisan Calvani Un, serta Pregin Karelika Nakamnanu yang membawakan sambutan sekaligus membacakan puisi. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini