Kantor Bahasa Provinsi NTT Selenggarakan Bengkel Sastra di Sumba Timur

0
105
Pose bersama usai pembukaan kegiatan Bengkel Sastra: Peningkatan Apresiasi Sastra bagi SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumba Timur Tahun 2023.

Sumba Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan kegiatan Bengkel Sastra: Peningkatan Apresiasi Sastra bagi SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumba Timur Tahun 2023 pada 20—23 Juni 2023 di Hotel Cendana, Waingapu. Kegiatan ini diikuti 40 peserta terdiri atas 4 siswa dan 1 orang guru pendamping dari 8 sekolah di Kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Albertina Natara, S.Pd. selaku Korwas SMA, SMK, dan SLB Kabupaten Sumba Timur. Dalam sambutannya, ia menyampaikan kesan positif dan pesan yang menguatkan.

“Bapak Ibu guru dan siswa yang menjadi peserta harus mengikuti kegiatan dengan baik karena sudah terpilih dan dibiayai negara. Meskipun peserta kegiatan tidak semuanya berasal dari jurusan bahasa, tetapi harus menyerap segala ilmu yang didapat dari narasumber,” ujarnya.

Pose bersama.

Sementara itu Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, S.Pd., M.Hum. yang diwakili oleh KTU Kantor Bahasa Provinsi NTT, Irwan A. Pellondou menyampaikan informasi tentang arah kebijakan Kantor Bahasa Provinsi NTT dan pemahaman tentang sastra bahwa dalam sastra terdapat pesan moral dan dalam pesan moral tersebut terdapat kebaikan.

Irwan mengaku sangat senang karena ada sebagian peserta yang aktif berkontribusi dalam pembuatan konten digital untuk sekolahnya. Ia pun mendorong para peserta untuk terlibat aktif dalam peningkatan literasi, setidaknya di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Silakan adik-adik berkenalan dengan kakak-kakak dari komunitas literasi yang ada di Sumba Timur dan berkolaborasi,” tandasnya.

Wujud Apresiasi Sastra

Bengkel sastra merupakan salah satu wujud nyata dari kegiatan peningkatan apresiasi sastra di kalangan dunia pendidikan, khususnya bagi guru dan siswa, baik sekolah negeri maupun swasta. Kegiatan yang telah dirintis sejak tahun 1994 dalam agenda Bulan Bahasa dan Sastra dan telah berlangsung selama bertahun-tahun itu dilaksanakan dalam bentuk pertemuan yang secara intensif membahas hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman dan penciptaan karya sastra, baik dalam bentuk puisi, cerpen, pantun, ataupun drama. Dalam pelaksanaannya, bengkel sastra dibagi dalam beberapa sesi, yakni paparan teori, teknik penulisan karya sastra, praktik penulisan, pendampingan/mentoring, dan pembacaan karya sastra.

Pose bersama.

Kegiatan bengkel sastra diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada guru dan siswa agar dapat berinteraksi langsung dengan sastrawan/penulis serta dapat menggali wawasan tentang kesastraan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan minat guru dan siswa terhadap sastra, serta meningkatkan apresiasi mereka terhadap sastra. Materi kegiatan bengkel sastra tersebut adalah peningkatan apresiasi sastra yang meliputi menulis prosa (cerpen) dan puisi. (Denis/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini