391 Peserta Didik SMAN 2 Waingapu Sukses Ikuti MPLS

0
76
Kegiatan MPLS di SMAN 2 Waingapu.

Sumba Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Sebanyak 391 peserta didik baru (kelas X) SMA Negeri 2 Waingapu sukses mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan bertema “Membentuk Peserta Didik yang Mantap dalam Prestasi dan Karakter” tersebut berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 17, 18, dan 20 Juli 2023 di aula sekolah setempat.

Dalam laporannya, Ketua Panitia MPLS SMAN 2 Waingapu, Nimrot Ndjukambani, S.Pd., mengungkapkan, adanya perbedaan pola asuh dan kebiasaan yang dialami peserta didik pada saat SMP dengan suasana yang baru di SMA tentunya menyebabkan peserta didik harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang baru dialaminya.

“Proses penyesuaian diri tersebut mungkin akan terasa lebih sulit dijalani oleh peserta didik pada minggu pertama memasuki jenjang pendidikan yang baru. Kendala yang demikian, apabila dibiarkan secara terus-menerus akan berdampak negatif terhadap perkembangan peserta didik itu sendiri, bahkan dapat berpengaruh terhadap kelancaran dalam proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Ketua Panitia MPLS SMAN 2 Waingapu, Nimrot Ndjukambani, S.Pd. (kedua dari kiri).

Sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut, lanjut Nimrot Ndjukambani, perlu adanya suatu kegiatan yang bisa mengantarkan peserta didik baru ke arah pengenalan sekolah dalam berbagai aspek secara singkat sebagai bekal awal untuk menghadapi perjalanan selanjutnya di SMAN 2 Waingapu.

“Program yang dapat dilaksanakan untuk menjawab persoalan tersebut adalah masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru,” ujarnya.  

Lebih lanjut Nimrot Ndjukambani menjelaskan, tujuan yang ingin dicapai dalam MPLS tersebut, yakni, (1) memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru, (2) membantu peserta didik baru mengenal lebih dekat lingkungan sekolahnya, (3) membantu peserta didik baru agar mampu beradaptasi dengan warga sekolah, (4) membantu peserta didik baru untuk mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah, (5) membantu peserta didik baru untuk bertanggung jawab dengan lingkungan sekolahnya, (6) memotivasi peserta didik baru untuk berprestasi dan berkarakter yang baik.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Kepala SMAN 2 Waingapu, Clasius Jerri Mbiliyora, S.Pd., para Wakil Kepala Sekolah, Ketua Panitia MPLS, para guru, dan peserta didik kelas X. (RF/rf-red-st)  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini