Chris Liyanto: Sastra Memberi Keseimbangan Hidup

0
54
Chris Liyanto ketika berbicara dalam kegiatan bedah dan launching buku berjudul “Umbu Sang Metiyem”, Selasa (22/08/2023) di gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Komisaris Utama Bank Christa Jaya, Christofel Liyanto, S.E., mengungkapkan, sastra memiliki tempat dan peran strategis dalam hidup manusia. Baginya, dunia sastra memberi keseimbangan hidup.

“Bagi saya, dunia sastra ini sebetulnya memberi keseimbangan hidup. Apalagi saya pengusaha ini tiap hari hitung uang, lama-lama uang terlalu banyak bingung juga,” ungkapnya ketika hadir dalam kegiatan bedah dan launching buku berjudul “Umbu Sang Metiyem” karya jurnalis dan sastrawan muda NTT Robertus Fahik, Selasa (22/08/2023) di gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT.

“Jadi tidak tentu juga, kita tidak bahagia dengan uang yang banyak. Tetapi ketika kita melihat orang-orang sastrawan itu bisa mendapat ketenangan jiwa, saya perlu mengintrospeksi diri, sehingga saya senang juga kembali bisa mengikuti dunia-dunia sastra ini,” lanjutnya.

Chris Liyanto mengaku, ketika menjalani masa muda di Yogyakarta, dirinya selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan sastra. Karena itu ia pun berkomitmen untuk mendukung setiap anak NTT yang berkarya di bidang sastra.  

“Dulu ada pagelaran sastra, saya selalu ikut. Jadi saya pikir, kemarin saya ketemu dia (Robertus Fahik, red) ini, saya bilang bahwa kita di NTT ini perlu menghidupkan orang-orang seperti dia ini, perlu memviralkan, agar memberi keseimbangan hidup. Sehingga generasi muda ini jangan hanya euforia dengan HP dan segala macam tetapi perlu ada keseimbangan hidup dengan mengenal sastra,” ujarnya.

Peluncuran buku “Umbu Sang Metiyem”.

“Karena itu saya sudah bicara dengan dia untuk memviralkan dia. Sebagai langkah pertama, dalam satu dua hari ke depan saya akan bawa dia ke SK FM untuk menjelaskan siapa beliau ini dan mungkin kalau beliau bisa memusikkan puisi-puisinya, saya akan menyediakan studio, bisa kerja sama supaya bisa dikenal. Lagu-lagunya beliau ini membuat kita hidup lebih tenang,” pungkas Chris Liyanto.

Diketahui, kegiatan ini merupakan agenda kolaboratif Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Dinas Kominfo Provinsi NTT, dan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI), serta didukung oleh Bank NTT, BPR Chrysta Jaya, PT SBM Suzuki Dealer Mobil Oeba Kupang, dan media SEKOLAH TIMUR, dalam rangka HUT RI ke-78 dan mengenang 80 tahun penyair kelahiran Sumba Timur, Umbu Landu Paranggi (1943 – 2023). (*/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini