Tingkatkan Literasi, SMAN 1 Kambera Gandeng YASPENSI

0
111
Suasana pembukaan kegiatan Workshop Jurnalistik dan Penulisan Kreatif di SMAN 1 Kambera, Rabu (13/09/2023).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah khususnya bagi peserta didik, SMA Negeri 1 Kambera menggandeng Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI) dalam menggelar Workshop Jurnalistik dan Penulisan Kreatif. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu – Kamis, 13 – 14 September 2023 di sekolah setempat, diikuti oleh perwakilan peserta didik dan sejumlah guru pendamping.   

Kepala SMAN 1 Kambera, Putiyani Rambu Lepir, S.Pd., mengungkapkan, kegiatan yang digelar tersebut merupakan bagian dari upaya pihak sekolah untuk membangun kreatifitas dan inovasi warga sekolah khususnya peserta didik.   

“Menulis tidak hanya sekadar memberi informasi kepada orang lain tetapi bagaimana mengondisikan secara logis hal-hal yang ada dalam atau yang kita temukan atau yang kita alami dalam kehidupan kita,” ungkap Putiyani dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

“Salah satu juga membuat kita ini jangan cepat pikun. Kita sekarang anak muda banyak pikun karena perkembangan digital. Kemudian menulis ini buat kita lebih kreatif dan inovatif,” lanjutnya.

Suasana kegiatan.

Lebih lanjut ia mengharapkan agar peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut bisa melanjutkan apa yang didapat selama kegiatan. Dengan demikian, ada keberlanjutan dari kegiatan tersebut.

“Setelah ikuti kegiatan ini, tindak lanjutnya apa nanti? Harus dipikirkan dari kita masing-masing. Jadi jangan hanya selesai kegiatan, tidak. Apa yang saya buat? Apakah saya buat puisi, cerita tentang biografi saya. Ada tindak lanjutnya sehingga kegiatan kita ini bermanfaat untuk diri kita, orang lain, dan sekolah,” ujarnya.

“Kita nanti akan buat mading per kelas dan masing per tingkat untuk bagaimana meningkatkan literasi kita. Bersyukur sekarang ini kalian sudah diberi pemahaman yang lebih daripada teman-teman yang lain sehingga nanti tindak lanjutnya itu di mading. Kita beri tempat, kita akan buat tempat untuk kalian berkreasi di kelas, kemudian ada mading per tingkat,” tandasnya. (*tim/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini