Pertama Kali di NTT, “Pameran Niaga Bahasa” Hadir di Lippo Plaza Kupang pada 23 September 2023

0
44
Dok. Kantor Bahasa Provinsi NTT.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Untuk pertama kalinya, acara bertajuk “Pameran Niaga Bahasa” digelar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kota Kupang. Acara ini akan berlangsung pada Sabtu, 23 September 2023, di Lippo Plaza Kupang.

“Pameran Niaga Bahasa” ini dihelat oleh Ikatan Duta Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (Ikadubas NTT) bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pameran ini akan diisi oleh beragam UMKM di NTT dan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menampilkan produk-produk andalannya.

Apa sih niaga bahasa, duta bahasa, dan kantor bahasa itu?

Niaga bahasa merupakan krida duta bahasa yang bertujuan meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia dan daerah melalui pemanfaatan bahasa dan sastra sebagai prasarana untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

Dok. Kantor Bahasa Provinsi NTT.

Duta bahasa sendiri adalah generasi muda yang peduli untuk memperkuat jati diri bangsa dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan daerah. Duta bahasa menjadi wadah generasi muda yang peduli akan “Trigatra Bangun Bahasa” yang berbunyi utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Sebagai duta bahasa, tuntutan yang harus dilakukan adalah melaksanakan krida kebahasaan guna mengimplementasikan “Trigatra Bangun Bahasa”.

Sedangkan kantor bahasa ialah unit pelaksana teknis di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) yang bertugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia di tingkat provinsi. Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi pemegang amanah tersebut di NTT.

Apa saja yang ada di “Pameran Niaga Bahasa”?


Di acara ini akan disajikan pameran layanan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur, pameran UMKM, gelar wicara “Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik”, gelar wicara “Niaga Bahasa”, kampanye #KetongJagaBahasa, dan unjuk bakat dari Duta Bahasa NTT. Pengunjung Lippo Plaza Kupang selama sehari penuh dapat melihat-lihat dan berkonsultasi terkait layanan kebahasaan dan kesastraan di stan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur. (denis/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini