106 Peserta Didik SMKN 7 Kupang Dilantik Jadi Taruna-Taruni Angkatan ke-12

0
84
Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Sebanyak 106 peserta didik kelas X SMKN 7 Kupang dilantik menjadi taruna-taruni angkatan ke-12 tahun pelajaran 2023/2024. Pelantikan tersebut berlangsung pada Kamis (21/12/2022) di halaman sekolah setempat.

Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., menyampaikan, acara pelantikan tersebut menjadi tanda berakhirnya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), yang bermuara pada pembentukan karakter dan displin diri.

“Acara ini adalah tanda berakhirnya kegiatan MPLS dan LDK serta long march kemarin. Tujuan dan harapan dari seluruh rangkaian kegiatan itu adalah untuk mengenal lingkungan sekolah dan tata tertib Korp,” ujar Mursalin Ngala saat memberikan arahan.

“Selain itu juga untuk membentuk insan yang berkarakter, insan yang disiplin dan sesuai dengan harapan dunia usaha, dunia industri, dan masyarakat. Lalu, membenruk insan yang sehat, berwawasan lingkungan dan menyiapkan manusia menuju revolusi 4.0,” terangnya.

Suasana pelantikan.

Mursalin menambahkan, menghadapi tantangan dan perubahan di era ini, diperlukan latihan untuk menempa diri agar peserta didik telah mempersiapkan diri dengan baik dalam meraih keberhasilan.

“Di sini kita berlatih menempa diri. Berlatih tidak selesai hari ini, berlatih adalah sebuah proses yang tidak pernah berhenti. Oleh karena itu senantiasalah tetap belajar dan berlatih,” tandasnya.

“Ke depan adalah masa-masa penuh perubahan dengan berbagai disrupsi, otomatisasi dan digitalisasi yang berpengaruh pada kehidupan. Dari sebab itu, anda perlu mempersiapkan diri untuk meraih keberhasilan, yakni yang pertama dengan memiliki kejujuran dan kedisiplinan,” jelasnya.

Lebih lanjut Mursalin mengungkapkan, dibutuhkan juga komunikasi yang baik dengan siapa saja dan berharap agar peserta didik tetap fokus serta giat dalam menimba ilmu sesuai kompetensinya masing-masing.

“Interpersonal skill adalah bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan rekan, atasan, custumer dan siapa saja. Harus dilatih cara berkomunikasi yang baik dan efektif,” ujarnya.

Suasana pelantikan.

“Bekali diri kalian dengan segala ilmu, keterampilan dan disiplin yang tinggi agar memberikan manfaat yang besar ketika terjun di dunia kerja dan dunia industri, sebab di situ sangat dibutuhkan etos disiplin yang tinggi dan fisik yang kuat. Harap tetap fokus dan giat dalam menimba ilmu di bidangnya masing-masing,” pungkasnya.

Pantauan media ini, acara pelantikan tersebut ditandai dengan pemasangan evolet tingkat 1 pada pundak taruna-taruni. Peserta didik yang dilantik berasal dari 4 bidang kompetensi keahlian yaitu; TKJ 21 orang, NKPI 15 orang, NKN 40 orang, dan TKN 30 orang.

Acara tersebut dihadiri oleh Dispotmar Lantamal 7 Kupang, komite sekolah dan orang tua/wali siswa. Kepanitiaan dalam kegiatan tersebut berjumlah 13 orang dari unsur guru dan pegawai. Petugas upacara dipercayakan kepada para siswa OSIS untuk bertanggung jawab mempraktikkan ilmu kepemimpinan dan kedisiplinan. Acara dilanjutkan dengan penerimaan rapor untuk kelas X. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini