Kolaborasi UPT Kemendikbudristek di NTT Hadirkan Pameran Merdeka Belajar

0
89
Salah satu stand dalam pameran di pelataran kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTT.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek di Nusa Tenggara Timur (NTT) berkolaborasi menyelenggarakan Pameran Merdeka Belajar dalam rangka merayakan Bulan Merdeka Belajar pada Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Pameran dengan tema Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya  dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 Mei 2024 di pelataran kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTT.

Kegiatan diikuti oleh berbagai kampus negeri dan swasta di NTT di antaranya, Universitas Nusa Cendana, Universitas Kristen Artha Wacana, Politeknik Negeri Kupang, Politeknik Pertanian Kupang, dan Universitas Timor.  Juga dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dan Kota Kupang.

Dok. BPMP NTT

Sementara UPT Kemendikbudristek di NTT terdiri dari oleh  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XV, Balai Guru Penggerak (BGP) NTT, Balai Pelestarian Budaya (BPK) Wilayah XVI, dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) NTT.  Sementara mitra pembangunan bidang pendidikan yang terlibat dari INOVASI Pendidikan untuk Anak Indonesia, Perkumpulan Stimulant mitra Save the Children, Garamin NTT, CIS Timor mitra UNICEF, dan Yayasan Tunas Aksara.

Ketua Panitia, Basilius Widy dari BPMP Provinsi NTT menyampaikan, tujuan penyelenggaraan Pameran Bulan Merdeka Belajar tahun 2024 di NTT adalah sebagai sarana untuk mempublikasi  hasil belajar dan pencapaian program merdeka belajar di berbagai satuan pendidikan.

Dok. BPMP NTT

“Penyelenggaraan pameran bulan merdeka belajar sebagai sarana untuk mempublikasi semua karya dan hasil pembelajaran siswa-siswi, mahasiswa, serta guru, dan dosen sebagai bagian dari implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan dan juga di kampus. Ini kesempatan juga untuk saling belajar dan berbagi antara instansi terkait, satuan pendidikan, lembaga pendidikan, baik secara internal maupun berkolaborasi lintas sektor,” kata Widy.

Adapun kegiatan Pameran Bulan Merdeka Belajar di provinsi NTT dikemas dalam berbagai kegiatan, di antaranya pameran media belajar dan produk kreatif, melalui stand pameran, pentas kreasi, gelar wicara dan sejumlah antraksi menarik lainnya dari berbagai satuan pendidikan dan kampus.

Dok. BPMP NTT

“Kami berkolaborasi menginisiasi pameran bulan merdeka belajar dengan berbagai kegiatan menarik. Ada stand pameran, ada tarian dan musikalisasi puisi, ada produk inovasi internet of things, ada gelar wicara kurikulum merdeka, mendongeng dwi bahasa, cabaret, pojok baca, mural, dan sejumlah antraksi menarik dan seru lainnya.” tutup Widy.

Sementara Itu, Kepala Bidang Pendidikan Khusus  Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Yanuarius Laka, saat membuka kegiatan Pameran Bulan Merdeka Belajar menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tinggi atas terselenggaranya pameran ini.

Dok. BPMP NTT

“Kita butuh kerja kolaborasi. Merdeka Belajar mengajak kita semua untuk kerja gotong royong untuk memberi dampak yang lebih besar. Untuk itu, inovasi yang sudah ada ini perlu kita rawat dan tingkatkan. Kita perlu merayakan dan melanjutkan merdeka belajar dengan suka cita. Karena merdeka belajar berbicara tentang masa depan generasi kita ke depan. Kita harus menyiapkan generasi berkualitas melalui pendidikan yang berkualitas,” beber Yan.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati di sela kunjungan pameran dan atraksi budaya menyampaikan, sangat gembira dengan semua hasil karya dan pencapaian pembelajaran yang dipamerkan.

Dok. BPMP NTT

“Kami sangat gembira dan apresiasi semua hasil karya dan pembelajaran yang ada di kolaborasi pameran bulan merdeka belajar ini. Kami melihat banyak sekali kreatiivitas yang dihadirkan. Ada produk-produk inovatif yang menarik. Kita berharap, pameran ini menambah semangat belajar kita untuk terus menyebarkan hal-hal baik yang ada di kurikulum merdeka. Terima kasih untuk kerja kolaborasi yang baik ini,” ujar Elis. (Rilis Pers BPMP NTT/rf-red-st)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini