Rayakan Bulan Bahasa, MGMP Bahasa Indonesia SMA TTS Luncurkan Buku Puisi

0
278
Pose bersama dalam peluncuran buku puisi "Untaian Sajak Anak Timor" pada Sabtu (6/11/2021) di Aula SMA Efata Soe

TTS, SekolahTimur.Com – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat SMA Kabupaten TTS merayakan bulan bahasa dengan meluncuran buku puisi berjudul “Untaian Sajak Anak Timor”. Buku berisi karya peserta didik SMA se-Kabupaten TTS tersebut diluncurkan secara resmi oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS, Drs. Jibrael Y. Isu, M.Pd., di Aula SMAS Efata Soe, pada Sabtu (6/11/2021).

Kepala SMA Efata Soe, Rovis E. Selan, kepada media ini menyampaikan bahwa puisi-puisi yang dimuat dalam buku tersebut merupakan karya para peserta didik SMA se-Kabupaten TTS yang dihasilkan pada momentum Hari Pendidikan Nasional bulan Mei 2021 lalu. Ketika itu, lanjut Rovis Selan, digelar lomba cipta dan baca puisi oleh MKKS SMA.

Ia menambahkan, karya puisi tersebut selanjutnya dihimpun dan disunting oleh tim MGMP Bahasa Indonesia dalam kerja sama dengan Lembaga Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB- Indonesia). Keluaran dari kegiatan tersebut dicetak dalam bentuk buku.

“Selaku Kepala Sekolah SMA Efata dan juga Sekretaris MKKS SMA, saya memberikan apresiasi kepada MGMP Bahasa Indonesia yang telah merancang dan melakukan kegiatan ini. Kami terus mendorong para guru dan juga peserta didik yang ada untuk terus berkarya, harapannya karya yang telah ada jangan cukup di sini saja tetapi harus ada kelanjutannya sehingga gerakan literasi itu benar-benar mengakar di kalangan guru dan juga peserta didik,” ungkapnya.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Jenjang SMA Kabupaten TTS, Sari Noviana Markus, S.Pd., mengungkapkan, kegiatan yang digelar dalam rangka perayaan bulan bahasa tersebut sebenarnya sudah diagendakan pada tanggal 28 Oktober 2021 lalu, namun baru bisa dilaksanakan sekarang karena berbagai kendala.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan itu berlangsung pada bulan Oktober kaitan dengan sumpah pemuda sebagai perayaan bulan bahasa tetapi karena berbagai halangan yang ada maka baru bisa dilaksanakan pada hari ini. Karena itu kegiatan ini juga diisi dengan peluncuran buku kumpulan karya para peserta didik dengan tujuan untuk memotivasi mereka agar lebih giat lagi dalam berkarya,” tuturnya.

Sari Noviana Markus, S.Pd.

Dirinya berharap agar kegiatan-kegiatan terkait upaya peningkatan mutu pendidikan perlu mendapat dukungan dari pemerintah. Menurutnya para peserta didik yang ada memiliki kemampuan yang dapat dimunculkan dalam berbagai karya.

“Saya berharap agar kegiatan-kegiatan yang sudah dan akan berjalan bisa mendapat dukungan dari pemerintah karena kendala yang dialami yaitu terkait dengan biaya untuk mencetak hasil karya yang ada. Karena itu berharap ada perhatian juga dari pemerintah,” jelasnya.  

Selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia, ia juga menyampaikan terima kasih kepada MKKS SMA yang telah mendukung kegiatan-kegiatan yang digelar oleh MGMP Bahasa Indonesia. Menurutnya dukungan tersebut menjadi motivasi berarti bagi pihaknya untuk terus berkarya. “Kegiatan ini kami mendapat dukungan yang luar biasa dari para kepala sekolah dan juga badan pengurus MKKS SMA. Karena itu kami menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada kami selama ini, atas kerja sama yang baik ini dapat memotivasi kami untuk terus berkarya ke depan,” pungkasnya. (Lenzho Asbanu/ rf-red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here