Tahun Baru dan Tekad Baru

0
96
Ilustrasi (merdeka.com)

Dilansir antaranews.com dan sejumlah media daring lainnya, Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak menyambut harapan, tantangan dan peluang baru di tahun 2023.

“Mari menyongsong harapan, tantangan dan peluang yang baru. Tetap bersama melangkahi ambang tahun 2023 menuju Indonesia yang maju,” kata Jokowi dalam deskripsi unggahan di media sosial Instagram @jokowi, yang dikutip di Jakarta, Minggu (01/01/2023).

Sebelumnya Presiden Jokowi juga mengajak seluruh pihak menatap tahun 2023 dengan tekad membawa Indonesia melangkah maju, melalui cuitan akun Twitter resminya, @jokowi, pada Sabtu (23/12/2023).

“Apa yang patut kita kenang dari tahun 2022 yang segera kita tinggalkan? Banyak. Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula yang kurang menyenangkan. Semua datang silih berganti, memberi pelajaran, sekaligus menguatkan dan semakin mempersatukan,” cuit Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa Indonesia berhasil melewati masa pandemi dan ancaman resesi lewat perekonomian yang tumbuh positif. Lantas bagaimana dengan bidang pendidikan?

Sepanjang tahun 2022 kita merasakan angin segar dengan meredanya pandemi Covid-19 yang memungkinkan proses pembelajaran kembali berjalan normal sampai dengan akhir semester ganjil.

Hal tersebut dikuatkan dengan pencabutan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah pada Jumat (30/12/2022). Dengan demikian, kegiatan pembelajaran di tahun 2023 kiranya akan lebih kondusif, tentunya dengan tetap mengutamakan kesadaran dan kewaspadaan terhadap risiko Covid-19, sebagaimana ditegaskan Presiden Jokowi ketika mengumumkan keputusan pemerintah terkait pencabutan aturan PPKM.

Seiring kesadaran dan kewaspadaan tersebut, segala daya dan upaya dalam pembangunan pendidikan tetap didorong secara maksimal. Sebagaimana ditekankan Mendikbudristek RI Nadiem Makarim pada momentun Hari Guru Nasional 2022, bahwa ketangguhan kita dalam melewati setiap tantangan berkaitan dengan tekad untuk berubah ke arah yang lebih baik.

“Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan,” kata Nadiem dalam sambutannya.

“Mungkin di antara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang, pada dasamya tidak ada perubahan yang membuat kira nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” lanjut Nadiem.

Pesan yang sama kiranya masih relevan untuk kita jadikan sebagai pesan awal tahun bagi guru, peserta didik, dan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Tahun 2023 kiranya menjadi momentum untuk terus memupuk kesadaran bersama akan tantangan dan peluang menuju perwujudan salah satu pilar visi Indonesia Emas 2045 yakni, “Pembangunan Manusia Serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” dengan tekad serta berbagai langkah konkret yang terarah dan terukur.

Selamat Tahun Baru 2023. Tantangan dan peluang baru telah menanti di depan mata. Saatnya mewujudkan tekad baru dalam tindakan nyata. Membangun manusia, membangun Indonesia. (rf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here