Peserta Didik SMA PGRI Mnelalete Raih Prestasi Lomba KTI Himprosma Unimor

0
636
Guru pembimbing, Thomas E. Kabu, bersama dua peserta didik yang mengikuti Lomba KTI, Sisilia Missa (Kanan) dan Dewi Arista Banamtuan (Kiri)

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dua peserta didik SMA PGRI Mnelalete, Kabupaten TTS meraih prestasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tingkat SMA/SMK/MA se-daratan Timor yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (Himprosma) Universitas Negeri Timor (Unimor) Kefemananu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Dua peserta didik tersebut yakni, Sisilia Missa, dengan judul karya tulis, “Belajar Matematika Berbasis Budaya”, dan Dewi Arista Banamtuan, dengan judul karya tulis “Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Kepada media ini, Guru Pembimbing SMA PGRI Mnelalete, Thomas Edison Kabu, melalui sambungan telepon, Sabtu (4/12/2021), mengungkapkan, dalam lomba KTI tersebut ada beberapa tahapan yang diikuti para peserta di antaranya, penulisan karya, pengiriman naskah, pengumuman 10 peserta terbaik untuk masuk dalam kategori finalis, serta tahapan final secara virtual.

“Dari 10 peserta yang masuk 10 besar terbaik diundang untuk mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah secara tatap muka, pada Jumat, 3 Desember 2021, yang berlangsung di Aula Serbaguna Universitas Negeri Timor Kefemenanu, TTU,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Thomas Kabu yang juga menjabat sebagai Sekretaris Forum TBM Kabupaten TTS itu menyampaikan bahwa dalam membimbing dua peserta didiknya, ia berpatokan pada tema yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara yaitu, Belajar Matematika: Manfaat dan Tantangannya di Era 4.0 & Pandemi Covid-19.

“Puji Tuhan, dua orang peserta didik yang saya bimbing masuk dalam kategori 10 besar, yang mana Sisilia Missa memperoleh peringkat lima dan Dewi Arista Banamtuan memperoleh peringkat 10. Karena itu 10 peserta terbaik yang masuk finalis dalam lomba KTI diundang untuk para peserta didik ini mempresentasikan hasil tulisannya secara tatap muka. Setelah mengikuti presentasi, salah satu peserta didik atas nama Dewi Arista Banamtuan keluar sebagai Juara Makalah Terbaik,” jelasnya.

Sisilia Missa, yang dikonfirmasi media ini mengaku bahagia karena berkesempatan dipercayakan oleh sekolah untuk mengikuti lomba KTI tersebut. Sekalipun dalam mengikuti lomba KTI itu banyak tantangan yang dihadapi namun ia bisa menyelesaikan tulisannya dan masuk dalam kategori 10 besar.

“Saya merasa bangga karena dari ratusan peserta didik yang ada kami hanya 2 orang yang dipilih untuk mewakili sekolah kami dalam mengikuti lomba KTI yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika Unimor Kefamenanu. Puji Tuhan, kami yang mewakili sekolah bisa masuk 10 besar dan berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karya kami,” ungkap Sisilia yang bercita-cita menjadi Polwan.

Para peraih juara Lomba KTI Himprosma Unimor

Senada dengan itu, Dewi Arista Banamtuan yang muncul sebagai Juara Makalah Terbaik, menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan guru pendamping yang telah memberikan kepercayaan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang diikuti tersebut sangat memberi motivasi baginya agar lebih giat lagi dalam belajar.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan guru yang telah mempercayakan kami mewakili sekolah dalam rangka mengikuti lomba KTI tersebut. Kegiatan yang kami ikuti ini sangat bagus dan memberi motivasi bagi kami untuk terus belajar ke depan,” katanya.

Berikut hasil Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (Himprosma) Universitas Negeri Timor (Unimor) Kefemananu.

Juara Presentasi: 1). SMA Negeri 1 Kefamananu, Silvia Gloria Nurak Banunaek, 2). SMA Swasta Katolik Warta Bakti Kefamananu, Gabrielo Fransisko Yoris Manek, 3). SMA Swasta Seminari Lalian Atambua, Joaquin De Santos Fahik, 4). SMA Swasta Pelita Karya, Maria S. A. Kabiti, 5). SMA Negeri Taekas, Afra S. Binsasi.

Juara Makalah Terbaik: SMA PGRI Mnelalete, Dewi Arista Banamtuan. Juara Presenter Terbaik: SMA Negeri 5 Kupang, Silvester Agung Priyambudi. (Lenzho Asbanu/ rf-red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here