Jelang HUT ke-40, SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko Gelar Aneka Lomba

0
805
Kepala SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, Leonardus Aloysius Rade, S.Fil.

Ngada, SEKOLAHTIMUR.COM – Menjelang HUT ke-40 SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, tanggal 28 Januari 2022 mendatang, pihak sekolah menggelar aneka lomba. Kegiatan diawali dengan apel pembukaan pada Kamis (20/01/2022) di halaman sekolah setempat yang beralamat di Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Kepala SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, Leonardus Aloysius Rade, S.Fil., mengungkapkan, dalam rangka HUT ke-40 sekolah, panitia menetapkan tema yakni, “Meningkatkan Prestasi dan Talenta Peserta Didik”. Di bawah tema ini, jelasnya, digelar ragam lomba di luar ruangan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menggali potensi, bakat, dan minat peserta didik yang bisa mereka kembangkan melalui beberapa kegiatan seperti, bola kaki, bola voli, futsal, basket. Selain itu, juga digelar lomba dalam bidang ilmiah yakni gelar makalah.

“Saya berharap agar peserta didik ini dapat mengembangkan potensi untuk diri mereka sendiri dan juga menjadi bekal kehidupan mereka ketika berada di tengah masyarakat, dan juga melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Kita juga berkomitmen untuk mendorong dan meningkatkan potensi yang ada dalam diri anak-anak,” ungkap Leonardus.

Apel Pembukaan dalam rangka HUT ke-40 SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko

Terkait tema yang dipilih, Leonardus menekankan, pihaknya mengharapkan agar semua peserta didik dapat berpartisipasi aktif di dalam semua cabang olahraga yang diperlombakan untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat keolahragaan yang dimilikinya.

“Ada banyak jenis perlombaan yang disiapkan pihak sekolah. Semua peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan satu atau dua guru pendamping. Pembagian kelompok itu sengaja dibuat agar para siswa dapat dilatih untuk menumbuhkembangkan karakter-karakter positif seperti bekerja sama, menghargai perbedaan bakat dan minat, saling support, serta meminimalisir karakter-karakter negatif seperti egoisme, iri hati, ingin menang sendiri, intoleran,” jelasnya.

Persiapan Sejak Awal Tahun

Wakasek Kesiswaan SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, Walter Bernhat Rasi, S.Pd., mengungkapkan bahwa persiapan HUT ke-40 sekolah sudah dilakukan sejak awal tahun 2021.

“Dipersiapkan dari awal mulai masuk liburan Natal dan Tahun Baru bahkan sebelum 2021 – 2022 melalui ekskul dengan persiapan-persiapan atau latihan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler, terdiri dari bola kaki, voli putra dan putri, dan lain-lain,” tuturnya.

Wakasek Kesiswaan SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, Walter Bernhat Rasi, S.Pd.

Ia mengakui ada semangat dan antusiasme besar dari peserta didik selama persiapan. Hal ini terlihat dari awal pembagian kelompok yang didampingi para guru. Semangat dan antusiasme peserta didik pun terlihat dalam kegiatan bakti sosial yang juga digelar dalam rangka HUT ke-40 SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko.

“Dengan situasi pandemi seperti ini, murni hanya dalam lembaga saja, kegiatan tidak melibatkan sekolah-sekolah lain dan kita selalu menjalankan sesuai edaran Kemendikbudristek yang berlaku. Harapannya agar semangat juang putra-putri Thomas jangan hanya berkobar di HUT ke-40 ini, tetapi harus tetap semangat dan punya daya juang yang tinggi demi masa depan yang gemilang dalam berbagai hal, juga berguna bagi nusa dan bangsa, dan menjadi cahaya bagi keluarga bahkan bagi dunia,” tandasnya.

Pantauan media, dalam apel pembukaan tersebut, dinyalakan obor sebagai lambang api semangat oleh mantan Kepala SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko, Dewa Anselmus, S.Ag., didampingi Ketua Panita, Kornelis Siprianus Kaju, S.Fil. Tercatat 27 guru dan 10 pegawai siap terlibat bersama 330 peserta didik dalam aneka lomba dan kegiatan jelang HUT ke-40 SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here