SMKN 7 Kupang Gelar LDK bagi Peserta Didik Kelas X

0
60
Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., saat memimpin upacara pembukaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi peserta didik kelas X pada Rabu (13/12/2023).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – SMK Negeri 7 Kupang menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi peserta didik kelas X pada Rabu – Sabtu, 13 – 16 Desember 2023 di sekolah setempat.

Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja, kompetensi dan karakter dari peserta didik.

“Kenapa kegiatan ini harus dibuat, karena sebetulnya hal-hal yang sangat penting dan berkaitan dengan peningkatan kinerja, kompetensi, dan karakter mengenai pendidikan serta kependidikan yang ada di sekolah ini,” ujar Mursalin Ngala saat memimpin upacara pembukaan kegiatan, Rabu (13/12/2023).

Suasana kegiatan.

“Kita percaya kalau hal itu perlu dibuat, karena tentunya ada dampak yang sangat positif berkaitan dengan keberlanjutan sesuai kompetensi yang anda miliki setelah tamat atau sebagai output dari sekolah ini,” tandasnya.

Mursalin menambahkan, tata tertib yang telah didapat akan menjadi kompetensi dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam menjawabi tantangan dan kebutuhan yang ada di lapangan nanti.

“Ada sekian banyak tata tertib yang harus kita laksanakan. Itu merupakan dasar atau fondasi yang kuat dan harus kita miliki, karena tuntutan teknologi dan perkembangan pengetahuan yang begitu luar biasa di hari-hari ini,” jelasnya.

Suasana kegiatan.

“Saya yakin, kalau selama 3 hari ini, semua materi dapat anda terima secara baik, maka itu merupakan dasar utama yang harus dimiliki, sehingga kapan pun dan di mana pun pasti Anda sudah siap menghadapi tantangannya, baik itu kompetensi yang dibutuhkan di darat maupun di laut,” tegasnya.

Sementara itu salah satu pelatih PBB, Mayor Muh. Kandik, dari TNI AL Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal VII Kupang, mengungkapkan, peserta didik akan diajarkan Peraturan Baris Berbaris (PBB), agar mereka semakin displin terutama saat berada di dunia kerja nanti.

Mayor Muh. Kandik.

“Sekolah menghubungi kami untuk melatih PBB bagi para peserta didik. Yang dilatih adalah untuk mendisiplinkan mereka. Hari ini, mereka akan dilatih bergerak di tempat yakni; jalan di tempat, hadap kanan-kiri, lencang kanan-kiri, dan hadap kanan-kiri,” ujarnya.

“Besok ada gerak, periksa kerapian dan yel-yel juga. Tujuannya agar ke depannya mereka mengerti tentang disiplin dan memampukan mereka menjalankan semua pekerjaan, terutama dalam kemampuan fisik. Memang yang diminta sekolah seperti itu,” terangnya.

Informasi yang dihimpun media ini, materi yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut yakni; PBB, visi misi dan program kerja sekolah, tata tertib dan disiplin taruna, pedoman akademik sekolah, literasi menulis, karakter kepemimpinan berorganisasi dalam OSIS, pendidikan antikorupsi dan 4 pilar Kebangsaan, dan 12 gerakan lalu lintas. Selanjutnya kegiatan akan diakhiri dengan long march. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini