Kabid PKLK Dinas PK NTT Pantau Seleksi PPPK Tahap II di TTS

0
166
Kabid PKLK Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Valentinus Bhalu (Berdiri) saat memantau pelaksanaan Seleksi PPPK di SMK Negeri 1 Soe, Selasa (7/12/2021).

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Kepala Bidang Pendidikan Khusus & Layanan Khusus (PKLK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT, Valentinus Bhalu, memantau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru yang berlangsung di Kabupaten TTS, Selasa (7/12/2021).

Valentinus Bhalu, yang ditemui di lokasi TUK SMK Negeri 1 Soe mengatakan bahwa untuk menjadi ASN PPPK memang sulit karena itu harus mempersiapkan diri secara baik. Persiapkan diri ini penting sehingga bisa lolos dalam kompetisi ini.

“Seseorang mau jadi ASN itu memang tidak gampang dan harus berkompetisi. Jadi, pelaksanaan ujian atau seleksi ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta sejauh mana dalam menyiapkan diri untuk menjadi seorang ASN apa lagi guru. Karena itu saya mengimbau kepada semua guru untuk terus mempersiapkan diri,” ungkapnya.

“Memang benar para guru kita ini telah mengabdi beberapa tahun sebelumnya tetapi ini mau menguji kemampuan mereka selama mengabdi itu. Seleksi ini memang suatu hal yang sangat positif, karena itu para guru yang ada harus terus meningkatkan kemampuannya sehingga yang berdiri di depan kelas sebagai seorang guru, ya benar-benar guru yang profesional,” tambah Valentinus.

Kepala SMK Negeri 1 Soe, Eduard Alle, menyampaikan bahwa di SMK Negeri 1 Soe terdapat 2 ruang yang digunakan dengan 50 unit komputer.

“Satu ruangan itu kapasitas komputer sebanyak 30 unit sementara satu ruangan lagi sebanyak 20 unit komputer, jadi dalam sehari itu ada dua shift sehingga 100 peserta setiap hari yang akan mengikuti di sini. Kurang lebih 400 peserta calon ASN PPPK yang akan mengikuti seleksi di SMKN 1 Soe,” ungkapnya.

Eduard menyampaikan bahwa SMK Negeri 1 Soe memiliki sebanyak 38 formasi, untuk tahap I sudah ada 12 guru yang lolos, sementara masih tersisa 26 Formasi. Selaku kepala sekolah, ia berharap agar para guru yang mengikuti seleksi ini bisa lolos dan mengisi semua formasi yang ada.

“Khusus untuk formasi guru TIK ada 7 tetapi sejauh ini belum ada yang daftar. Selain mata pelajaran TIK juga mata pelajaran PKN, karena itu saya berharap semua formasi itu bisa terisi,” harapnya.

Kepala SMK Negeri 2 Soe, Ayub S. P. Sanam, S.Pd

Sementara itu Kepala SMK Negeri 2 Soe, Ayub S. P. Sanam, S.Pd., yang ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan seleksi PPPK tahap II di TUK SMK Negeri 2 Soe, pihaknya menyediakan 3 ruang yang digunakan oleh peserta dengan ketersediaan komputer sebanyak 80 unit. Rinciannya, 3 ruang dengan kapasitas komputer sebanyak 30, sementara ada satu ruang dengan jumlah komputer sebanyak 20, juga ada 10 unit komputer sebagai cadangan dengan 4 server yang digunakan.

Ayub menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi PPPK tersebut akan berlangsung selama 4 hari yang dimulai sejak Selasa – Jumat, 7 – 10 Oktober 2011. Dalam pelaksanaannya peserta dibagi dalam dua shift per hari. Tercatat lebih ada 640 peserta yang akan mengikuti selesai di SMK Negeri 2 Soe.

Ayub juga mengingatkan agar peserta dapat mempersiapkan diri secara baik sehinga dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam ujian. Termasuk mereka yang tidak lulus pada tahap I, tegasnya, masih memiliki kesempatan yang sama untuk lolos pada tahap II.

“Bagi teman-teman yang waktu itu pada tahap I tidak lolos dan mengulang lagi di tahap ke II ini sesungguhnya ada keuntungan tersendiri karena mereka sudah tahu gambaran kisi-kisi soal itu seperti apa. karena itu jika ingin untuk lolos, ya caranya hanya satu saja yaitu belajar,” tuturnya.

“Untuk formasi di SMK Negeri 2 Soe sendiri sebanyak 37 formasi dari berbagai mata pelajaran, di tahap I sudah ada 7 orang yang lolos dan mengisi formasi yang ada sementara masih tersisa 30 formasi, karena itu saya berharap agar formasi yang ada bisa dipenuhi semua oleh para guru honor yang ada,” tambah Ayub.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa seleksi PPPK di Kabupaten TTS dilaksanakan di lima lokasi berbeda. Lima lokasi tersebut yakni, SMA Negeri 1 Amanuban Tengah, SMA Kristen 1 Soe, SMA Negeri 1 Soe, SMK Negeri 1 Soe, dan SMK Negeri 2 Soe. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here