Kantor Bahasa NTT Gelar Pembinaan Literasi Generasi Muda di Lembata

0
422
Pose bersama panitia, narasumber, dan perwakilan guru.

Lembata, SEKOLAHTIMUR.COM – Kantor Bahasa Provinsi NTT, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menggelar kegiatan Pembinaan Literasi Generasi Muda Tahun 2022: Penguatan Kompetensi Literasi Wilayah 3T di Kabupaten Lembata. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi pada Selasa (29/3/2022) di Hotel Olimpyc, Lelolewa, Kabupaten Lembata, diikuti 32 peserta didik dan 8 guru dari beberapa sekolah.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis, S.S., M.A., mengatakan, peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah duta literasi yang akan menyampaikan materi yang didapatkan selama kegiatan kepada rekan-rekannya di sekolah masing-masing. Menurutnya, keterampilan ilmu, juga kealihan yang diperoleh akan membawa perubahan literasi di Kabupaten Lembata mulai dari menulis puisi, berita, dan cerpen.

“Semoga dengan kegiatan ini manifestasi perwakilan dari seluruh siswa didampingi guru, 32 siswa dan 8 guru dapat menjadi duta baca, dapat mengelorakan literasi di Kabupaten Lembata. Jadilah ujung tombak dalam peningkatan dan penguatan literasi, juga pioner yang menghidupkan budaya tulis menulis dan literat dalam segala hal di Kabupaten Lembata,” ungkap Syaiful.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengaku bangga karena Lembata adalah kabupaten kedua yang mendapatkan prgoram pembinaan ini. Ansel meminta peserta untuk memanfaatkan empat hari ini dengan sebaik-baiknya, dan dapat menyuarakan literasi di Kabupaten Lembata.

Pose bersama panitia, narasumber, dan perwakilan peserta didik.

“Gedung Perpustakaan di Lembata adalah gedung termegah di NTT, namun bukan karena kemegahannya tetapi bagaimana memegahkan isi dari perpustakaan itu dengan rajin mengunjungi perpustakaan, manfaatkan secara maksimal buku-buku dan mulailah menulis. Membaca harus menjadi tugas pokok setiap hari karena membaca kita akan tahu lebih banyak. Jadilah duta di lingkungan, bukan hanya di sekolah, tetapi jadilah duta di masyarakat,” tandasnya.

Pantauan media, kegiatan pembukaan tersebut berjalan lancar. Peserta antusias mengikuti kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung Selasa – Jumat, 29 Maret 2022 – 1 April 2022. (Indah Purnama Dewi/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here