Pemuda Maranatha Kupang Gelar Pertunjukan Seni

0
160
pentunjukan Seni Pemuda dan Pemudi (PP) Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Maranatha Oebufu Kota Kupang.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR. COM – Dalam rangka memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus, Pemuda dan Pemudi (PP) Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Maranatha Oebufu Kota Kupang menggelar Pertunjukan Seni (Go Show). Kegiatan bertema “Back To 90’s” tersebut berlangsung pada Jumat – Sabtu, 27 – 28 Mei 2022 di gereja setempat.

Dalam sambutannya, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu laiskodat meminta agar seluruh masyarakat NTT tetap menjaga kerukunan beragama yang baik sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemara yang telah menjaga dan mengangkat budaya-budaya lokal NTT dalam semagat Yesus bangkit serta naik ke surga.

“Saya juga atas nama pemerintah dan masyarakat NTT mengucapkan selamat merayakan Hari Kenaikan Yesus Kristus ke surga bagi seluruh umat Kristiani dan selamat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat Muslim di NTT. Semoga melauli peringatan hari-hari keagamaan ini akan semakin menyadarkan kita untuk terus merawat toleransi dan keberagaman diantara semua anak bangsa di NTT,” ujar Gubernur NTT dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten III Setda NTT, Semuel Halundaka S.IP., M.Si.

Gubernur menambahkan, “Apresiasi ini saya berikan kepada seluruh badan pengurus Maranatha Oebufu dan simpatisan dari berbagai jemaat GMIT kupang serta pihak terkait yang telah merayakan bulan Mei sebagai bulan budaya dan memberi perhatian penuh kepada budaya lokal. Jemaat GMIT turut bertanggung jawab menyatakan misi Allah dalam budaya untuk kedamaian dan kebaikan seluruh makhluk ciptaan.”

Ketua Pengurus Pemuda Sinode GMIT Kupang, Pace Tasuib, menekankan agar Pemara tetap mempertahankan nilai-nilai yang baik sehinggah tidak tergerus oleh zaman, sebab nilai budaya merupakan anugerah dari Tuhan kepada manusia.

“Zaman yang berubah, teknologi yang berkembang dan tampilan yang berbeda, Pemara tidak boleh mengubur nilai-nilai yang baik di tahun 90-an, karena nilai-nilai (kerukunan, persekutuan, integritas) itulah yang membuat kita hadir sampai hari ini sebagai gereja atau sebagai pemuda GMIT,” tuturnya.

“Momen ini sebagai pemantik bagi semagat kekristenan yang sedang kita perjuangkan. Saya mau titipkan, bahwa budaya itu, hikmad yang dikasi Tuhan kepada kita sebagai manusia. Lalu, kita ciptakan berbagai macam hal untuk mempertahankan diri dan dirawat sampai hari ini hingga nanti,” tandasnya.

Kemasan Kreatif dan Kolaboratif

Sementara itu Ketua Panitia Pemara, Elldy Natonis, S.Pd., menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kemasan kreatif dari semangat dan hasil karya Pemara di tahun 90-an. Selain itu, pihaknya juga melibatkan pelaku UMKM, agar kegiatan tersebut juga memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh banyak orang, bukan hanya pemuda dan pemudi saja.

“Kegiatan ini merupakan gambaran dari spirit anak-anak muda pada tahun 90-an yang pergi ke gereja dan menampikan event-event yang kreatif. Hal ini yang coba kami adopsi dan mengemasnya dengan sesuatu yang lebih menarik dan berinovasi. Kami menarik juga UMKM sebagai patnership, sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam membangun usaha menengah dan ekonomi menengah ke bawah, sehingga ada orang yang mungkin tertarik untuk mengajak mereka bekerja sama,” jelasnya.

Sekretaris Panitia Pemara, Yunita A. Dethan, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung kegiatan tersebut. Ia menjelaskan, tema “Back To 90’s” dipilih berdasarkan kegemaran manusia zaman sekarang yang lebih suka menggunakan model-model di tahun 90-an.

“Pemara Go Show ini merupakan kegiatan tahunan dari pemuda Jemaat Maranatha Oebufu. Tema ini, dapat dilihat bahwa makin ke sini, anak-anak muda semakin condong mengambil kembali bagian-bagian atau fashion, musik, seni dan lain sebagainya pada tahun 90-an. Supaya kami, pemuda dan pemudi Jemaat Maranatha dapat belajar banyak hal dari apa yang dilakukan pemuda dan pemudi di tahun 90-an,” ungkapnya. (Yosi Bataona/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here