Tim Juri Pesparani II Siap Jaga Integritas

0
20

Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Ketua Umum Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) Nasional II, Adrianus Meliala memastikan penjurian semua mata lomba di Pesparani Nasional II berjalan dengan mengedepankan integritas. 

“Saya tegaskan Pesparani Nasional II di Kupang ini berjalan secara jujur dan tidak ada unsur subjektif. Para juri siap menjaga integritas sebagai orang-orang yang dipilih karena kemampuan mereka,” ujarnya saat pelantikan tim juri semua mata lomba Pesparani Nasional II di Auditorium Rektorat Universitas Katolik Widya Mandiri, Kupang, NTT, (Kamis, 27/10/2022).

Ia menegaskan penjurian Pesparani Nasional II tahun ini sangat kecil kemungkinan untuk terjadi kecurangan karena sistem penjurian menggunakan metode digital. Para juri tidak lagi mencoret di kertas atau menghapus lalu menambah atau mengurangi nilai karena adanya unsur subjektif lainnya. Sekali memberi nilai sistem aplikasi tersebut langsung menyimpan dan tidak bisa lagi mengubah keputusan yang ada. 

Adrianus berharap tim juri pertama-tama harus mempertimbangkan aspek musikal lebih dari aspek subjektif atau aspek non musikal. “Hal-hal non musikal jangan menjadi penghambat para juri dalam menilai. Harus berani memisahkan aspek musikal dan non musikal,” tutup Adrianus sebelum melantik 23 juri.

Selain pelantikan, di hari yang sama diadakan teknikal meeting persiapan perlombaan. Teknikal meeting ini difasilitasi LP3KN dan para inspektur perlombaan. 

Pesparani II ini berbeda dengan Pesparani I di Maluku karena diadakan dalam dua bentuk yaitu lomba tatap muka dan non tatap muka. Lomba non tatap muka sudah diadakan pada 14-16 Oktober 2022. Sedangkan lomba tatap muka dilaksanakan pada 29-31 Oktober 2022. Khusus lomba tatap muka ada beberapa mata lomba seperti Paduan Suara Dewasa Campuran, Mazmur Anak dan Remaja, Mazmur OMK dan Dewasa, Tutur Kitab Suci, Cerdas Cermat (Rohani) Anak, Cerdas Cermat Remaja.

“Pesparani tahun ini juga berbeda dengan Pesparani I di Maluku khususnya kategori lomba. Di Maluku kategori lomba hanya 12 sedangkan di Kupang ditambahkan satu kategori yaitu untuk OMK seperti Mazmur OMK. Untuk semua hasil baik tatap muka maupun non tatap muka diumumkan pada 31 Oktober 2022 saat penutupan Pesparani” sebut Adrianus.

Pada Kamis, 27 Oktober 2022, tercatat 34 kontingen yang akan mengikuti lomba Pesparani II telah tiba di Kota Kupang. Meski masih ada beberapa anggota yang terlibat dalam perlombaan baru tiba di Kota Kupang pada Jumat, 28 Oktober 2022 pagi. Total peserta 2.000 orang, yang sudah hadir 1.200 orang. (SP Panitia Pesparani Nasional II/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here