SMKN Kualin Gandeng Yaspensi Gelar Workshop Literasi

0
194
Workshop Karya Tulis Ilmiah dan Jurnalistik bagi guru dan peserta didik SMKN Kualin, Selasa – Rabu, 13 – 14 Desember 2022.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – SMK Negeri Kualin yang berlokasi di Desa Kualin, Kecamatan Kualin, Kabupaten TTS menggandeng Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) menggelar Workshop Karya Tulis Ilmiah dan Jurnalistik bagi guru dan peserta didik. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa – Rabu, 13 – 14 Desember 2022.

Kepala SMK Negeri Kualin, Johana I. Nenabu, S.Pd., kepada media ini menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kompetensi dalam hal berliterasi, terutama literasi baca tulis bagi guru dan peserta didik.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik dan peserta didik terkait dengan hal berliterasi, terutama literasi baca tulis. Karena berdasarkan hasil ANBK kami, ternyata hasil kompetensi literasi kami di bawah. Karena itu kami pihak sekolah telah menggandeng Yaspensi untuk membantu membimbing kami para guru maupun peserta didik di sini,” ungkapnya.

Pembukaan kegiatan

Johana menjelaskan, kerja sama yang telah dibangun dengan pihak Yaspensi diharapkan mampu meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik maupun peserta didik yang ada dalam hal berliterasi.

“Setelah mengikuti kegiatan pendampingan dari Yayasan Pustaka Pensi Indonesia ini sangat baik, karena itu selaku kepala sekolah saya berharap agar para guru bisa mengikuti dengan baik, agar apa yang diharapkan bisa terwujud,” ujarnya.

Ia juga berharap agar pihak Yaspensi selalu memberikan dukungan kepada SMK Negeri Kualin melalui berbagai pendampingan di bidang literasi baca tulis dan bidang lain. Diharapkan juga agar kerja sama yang telah dibangun terus berlanjut ke depan.

“Selaku kepala sekolah, saya mewakili semua warga sekolah menyampaikan terima kasih kepada pihak Yaspensi yang telah mendukung kami di sekolah ini terkait dengan pendamping literasi. Diharapkan juga Yaspensi bisa mendukung kami di bidang seni dan juga bidang lainnya yang muaranya untuk peningkatan kompetensi guru maupun peserta didik. Saya berharap juga kerja sama yang tela dibangun ini jangan berhenti di sini, tetapi terus berlanjut ke depan,” pungkasnya.

Kelas Peserta Didik

Sementara itu Wakasek Kurikulum SMK Negeri Kualin, Sefnath Nomleni, SP.,  kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut telah direncanakan sebelumnya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk peningkatan kompetensi literasi bagi guru maupun peserta didik.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami maupun peserta didik, karena berdasarkan hasil ANBK pada tahun lalu (2021) yang mana terlihat dari raport pendidikan sekolah kami berwana merah untuk kegiatan literasi. Karena itu dengan adanya kegiatan pendampingan ini diharapkan agar mampu untuk meningkatkan kompetensi kami terutama guru, agar ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di kelas,” ungkap Sefnath.

Ia juga mengimbau kepada semua guru dan peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan agar mampu mengimplementasikan materi kegiatan di kelas. Menurutnya, materi-materi yang diberikan oleh narasumber dari Yaspensi sangat baik.

“Selaku Wakasek Kurikulum saya menyampaikan terima kasih kepada tim dari Yaspensi, karena materi-materi yang diberikan kepada kami sangat baik dan sangat bermanfaat bagi kami. Karena itu diharapkan agar ilmu yang telah diperoleh mampu diaplikasikan di kelas, agar mutu yang diharapkan lebih baik lagi ke depan,” ujarnya.

Pose bersama narasumber dan peserta didik

Sementara itu, Kepala Biro Yaspensi Kabupaten TTS, Lefinus Asbanu, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada pihak SMK Negeri Kualin yang telah membangun kerja sama dengan Yaspensi dan menggelar pelatihan peningkatan kompetensi literasi bagi guru dan peserta didik.

Lefinus juga menjelaskan bahwa Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) memiliki tiga divisi yaitu, Divisi Seni, Divisi Kepustakaan, dan Divisi Riset dan Teknologi.

“Kami di Yayasan Pustaka Pensi Indonesia atau Yaspensi ini ada tiga divisi utama, pertama, Divisi Seni, di Divisi Seni kami mendampingi para guru dan juga peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para peserta didik melalui Seni. Kedua, Divisi Kepustakaan, di Divisi Kepustakaan, kami melakukan pendampingan penulisan karya ilmiah, jurnalistik, dan tulisan kreatif lainnya kepada guru maupun peserta didik. Selain itu juga ada media daring yaitu sekolahtimur.com,” ujarnya.

“Ketiga, Divisi Riset dan Teknologi, di Riset dan Teknologi ini setiap kegiatan kami di sekolah, kami selalu mengadakan Riset, dan hasil dari Riset inilah yang akan menjadi rujukan kepada sekolah untuk lebih perkuat di bidang apa,” jelasnya. (la/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here