Kantor Bahasa Provinsi NTT Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Wartawan

0
65
Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, S.Pd., M.Hum., saat menyampaikan sambutan.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa: Penyegaran Kompetensi Berbahasa bagi Wartawan Media Massa se-Provinsi NTT pada Selasa – Jumat, 11 – 14 April 2023 di Hotel On The Rock Kupang.

Menurut Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, S.Pd., M.Hum., wartawan merupakan panglima publikasi yang berperan sebagai penyedia utama informasi bagi masyarakat, sekaligus menjadikan wartawan lebih bermatabat.

“Wartawan adalah panglima publikasi. Sebagai ujung tombak pencarian informasi di lapangan yang berfungsi mencari, menyimpan, mengolah dan menyusun serta menyampaikan informasi kepada masyarakat. Jadi, mari gunakan bahasa untuk menjadi senjata yang ampuh, dan menjadikan wartawan bermartabat,” ungkap Elis Setiati, Jumat (14/04/2023), saat menutup kegiatan tersebut.

Elis Setiati menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kesempatan bagi para wartawan untuk memulihkan kembali pengetahuan yang sudah lama, dan kaidah-kaidah berbahasa menjadi dasar bagi pemberitaan yang baik dan benar.

“Semoga kegiatan ini menjadikan semacam warna, ketika pekerjaan itu sudah menjenuhkan, maka hadir sebuah pengetahuan, pengetahuan yang sudah lama, namun belum dilakukan penyegaran,” ujarnya.

“Dan hari ini, mudah-mudahan keterampilan berbahasa dalam respon kaidah itu, semakin ada dan menjadi dasar bagi para wartawan untuk menulis dan membuat berita yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang kita miliki. Mari kita martabatkan bahasa Indonesia dengan berita-berita yang cantik, yang menarik dan tentunya dengan ciamik,” tandasnya.

Suasana kegiatan.

Ia juga mengajak para wartawan untuk bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi NTT dalam memartabatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang membanggakan dan bahasa persatuan, melalui pemberitaan yang bermanfaat.

“Kami minta kerja samanya dalam publikasi yang baik dan benar sesuai dengan ejaan kita. Harus baik, karena  baik itu mempercantik dan memperindah. Harus benar, karena sesuai dengan ejaan atau kaidah, maka informasi yang diberikan wartawan itu luar biasa akan memberikan manfaat,” ungkapnya.

“Karena satu-satunya yang bisa memengaruhi masyarakat hanya berita dari wartawan. Jadi, mudah-mudahan kita sama-sama memartabatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang kita banggakan, bahasa persatuan kita. Cintailah bahasa kita, banggalah dengan bahasa kita dan kita implementasikan dengan berita-berita yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan,” pungkasnya. (Yosi Sangario/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini