SMKN 2 Soe Bangun Kerja Sama dengan Indomaret

0
148
Kepala SMKN 2 Soe, Nifron K. A. Fallo, S.Kom., pose bersama HR Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Depo Kupang, Andika Respati Bagaswara, S.I.Kom.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Guna menyalurkan output dari sekolah untuk memperoleh pekerjaan, SMKN 2 Soe membangun kerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Depo Kupang. Kerja sama tersebut dikukuhkan lewat penandatanganan MoU kedua pihak pada Rabu (19/4/2023), di aula SMKN 2 Soe.

Kepala SMKN 2 Soe, Nifron K. A. Fallo, S.Kom., yang ditemui di ruang kerjanya usai penandatanganan Mou tersebut menyampaikan bahwa tujuan pihak sekolah membangun kerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Depo Kupang yakni untuk menyalurkan output dari sekolahnya yang belum memperoleh pekerjaan.

“Selaku kepala sekolah, saya menyampaikan terima kasih kepada pihak Indomaret yang telah membangun kerja sama dengan SMK Negeri 2 Soe. Bentuk kerja sama yang kami bangun dengan Indomaret ini untuk melakukan perekrutan tenaga kerja bagi para pencari kerja yang mana mereka adalah output dari sini,” ungkapnya.

Nifron Fallo berharap kerja sama yang telah dibangun tersebut terus berlanjut dan dapat menyerap output dari SMK Negeri 2 Soe. Menurutnya, kerja sama yang telah dibangun merupakan salah satu peluang bagi output dari sekolahnya.

“Selaku kepala sekolah, saya berharap kerja sama yang telah dibangun dengan pihak Indomaret terus berlanjut sehingga setiap output dari SMK Negeri 2 Soe bisa terserap di dunia kerja. Tentunya dalam perekrutan ini juga kami dari pihak sekolah menyerahkan kewenangan penuh kepada pihak kedua (Indomaret) untuk melakukan seleksi, karena itu para tenaga kerja yang sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan,” jelasnya.

Suasana kegiatan.

Sementara itu, HR Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Depo Kupang, Andika Respati Bagaswara, S.I.Kom., kepada media ini menyampaikan bahwa perekrutan tenaga kerja yang dilakukan di SMK Negeri 2 Soe guna membuka lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja.

“Kami dari pihak Indomaret telah membangun kerja sam dengan SMK Negeri 2 Soe ini dalam rangka melakukan perekrutan tenaga kerja yang akan ditempatkan di setiap toko yang dibangun,” ujarnya.

Ditanya terkait dengan berapa banyak pramuniaga yang akan direkrut, Andika menjelaskan bahwa dalam setiap perekrutan ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh para calon pramuniaga, karena itu yang memenuhi syarat dan ketentuan yang akan direkrut.

“Terkait dengan jumlah pramuniaga yang akan direkrut ini secara situasional, karena itu setiap toko kami itu membutuhkan 5 sampai 7 pramuniaga, tetapi biasanya ada cadangan. Karena itu dalam proses perekrutan ini juga ada tahapan yaitu seleksi administrasi, tes psikologi, setelah itu pemeriksaan kesehatan luar, dan terakhir yaitu wawancara. Yang dinyatakan lolos nanti masih akan ada lanjutannya lagi yaitu training. Khusus untuk di Soe sendiri ada dua toko, karena itu yang dibutuhkan sekarang berkisar 14 sampai 16 orang,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa fasilitas yang diperoleh bagi para tenaga kerja (pramuniaga) di Indomaret yaitu BPJS Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan. Selain itu ada jaminan hari tua.

“Setiap karyawan yang akan dinyatakan lolos seleksi dan bekerja di Indomaret itu fasilitas yang diperoleh yaitu BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan jaminan hari tua. Selain itu juga ada jenjang karier karena itu dalam melakukan pekerjaan nanti juga akan dinilai dan jika yang kerjanya baik, ya pasti jenjang karier juga naik dengan sendirinya,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan kehadiran Indomaret di setiap kabupaten mampu memberikan dampak yang positif terutama dalam pembangunan SDM sehingga setiap karyawan yang ada mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan bisa dipakai di kantor cabang mana saja.

Informasi yang dihimpum media ini menyebutkan, dalam proses rekrutmen pramuniaga Indomaret di SMKN 2 Soe, tercatat 218 orang hadir dan mengikuti proses seleksi. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini