Renungan Harian Katolik Sabtu Suci – Tri Hari Suci

0
31
Ilustrasi. (KomKat KWI)

Sabtu, 30 Maret 2024

Injil Markus 16: 1 – 7

Oleh RD. Hironimus Nitsae

 

Maria Magdalena, Maria Ibu Yakobus dan Salome, adalah tiga pribadi yang menuju ke makam Yesus untuk meminyaki Yesus dengan hasil bawaan mereka. Ada beberapa kenyataan yang ditemukan.

Pertama:

Ekspresi tiga orang ini adalah terkejut. Mengapa? Mereka malah menemui seorang malaikat duduk dekat kubur. Bukan lagi Yesus. Keterkejutan mereka ini dapat dimaknai sebagai ekspresi manusiawi karena yang ditemui tak sesuai ekspektasi mereka. Tak menjumpai Yesus malah malaikat yang mereka dapati.

Keterkejutan ini adalah hal wajar. Dikarenakan mereka memiliki keterikatan dengan Yesus pada skala tertentu. Artinya mereka ingin meminyaki diri-Nya dan besar harapan mereka adalah demikian. Termasuk keterkejutan mereka juga adalah ekspresi ketakutan karena Yesus tak berhasil ditemui.

Kedua:

Ungkapan jangan takut adalah bagian dari cara Tuhan melalui malaikat untuk menyatakan bahwa sebagai manusia kecemasan itu wajar tapi tak harus mendominasi. Mengapa? Karena cinta Tuhan pada kita melampaui kecemasan dan bahkan ketakutan kita untuk masalah apapun yang kita hadapi.

Ketiga:

Tugas kita adalah bersaksi. Bangkitlah dan bersaksilah. Sebagaimana malaikat menyampaikan kabar kepada tiga pribadi tadi dalam kekalutan dan ketakutan, kesaksian tetap harus menjadi prioritas.

Maka, bangkit, bersaksilah tentang Tuhan. Itu harga yang hidup bagi kita.

Selamat berpaskah.

Selamat memasuki hari ke-90 di tahun 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini