Badan Bahasa Gelar Lokakarya Hasil Kajian Tematik Penerjemahan

0
78
Lokakarya Hasil Kajian Tematik Penerjemahan Tahun 2021

Jakarta, SEKOLAHTIMUR.COM – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbudristek, menggelar kegiatan Lokakarya Hasil Kajian Tematik Penerjemahan Tahun 2021 pada tanggal 15—18 November 2021 di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta. 

Vianinda Pratamasari selaku koordinator pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa lokakarya ini bertujuan untuk mendiskusikan kajian tematik penerjemahan tahun 2021 serta menghasilkan penelitian terkait dengan proses dan hasil kerja penerjemahan dan penjurubahasaan sebagai upaya menjaga dan mengembangkan kualitas hasil penerjemahan dan penjurubahasaan di Badan Bahasa.

Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta yang merupakan anggota tim kajian tematik di lingkungan Badan Bahasa. Lokakarya yang berlangsung selama 4 hari ini memiliki enam tema diskusi, yakni Dokumentasi/Pemetaan Kosaisyarat Daerah untuk Tujuan Penjurubahasaan; Strategi Penjurubahasaan Isyarat; Penerjemahan Teks dalam Upaya Penguatan Program Literasi; Kode Etik dan Kode Perilaku Juru Bahasa; Kode Etik dan Kode Perilaku Juru Bahasa Isyarat; serta Inventarisasi Tahap I: Data Penerjemah dan Terjemahan Bahasa Indonesia-Bahasa Asing dan Bahasa Asing-Bahasa Indonesia (Periode 1928 s.d. 2020).

Vianinda juga menambahkan bahwa para narasumber yang diundang berasal dari berbagai instansi. Narasumber tersebut meliputi Laura Lesmana (Pusat Layanan Juru Bahasa); Adhi Kusumo Baroto (Pusat Layanan Juru Bahasa); Adhika Irlang Suwiryo (Pusat Layanan Juru Bahasa); SF. Luthfie Arguby Purnomo (IAIN Surakarta, Kementerian Agama); Inanti Diran (Association of Indonesian Conference Interprets [AICI]); dan Sonya Sondakh (Institut Kesenian Jakarta). Para narasumber diharapkan dapat memberikan evaluasi dan masukan terhadap enam kajian yang sudah dilakukan.

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan pengembangan, pembinaan, pelindungan, serta strategi dan diplomasi bahasa dan sastra bagi Badan Bahasa. (teks dan foto: badanbahasa.kemdikbud.go.id/ rf-red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here