Kehadiran SMKN Basmuti Tekan Angka Putus Sekolah

0
391
Warga sekolah dan tamu undangan dalam acara syukuran SK Izin Operasional SMKN Basmuti, Kamis (25/11/2021)

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Upaya mendekatkan pelayanan pendidikan terhadap warga masyarakat di Desa Basmuti, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS, akhirnya membuahkan hasil dengan dikeluarkannya SK Izin Operasional SMKN Basmuti dari Pemerintah Provinsi NTT, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 1 Juli 2021 lalu. Kehadiran SMKN Basmuti diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terkait akses pelayanan pendidikan dan juga menekan angka putus sekolah di wilayah setempat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pendiri SMKN Basmuti, Gedor Nabunome, S.Pd., dalam acara syukuran pendirian gedung darurat dan pemerolehan SK Izin Operasional SMKN Basmuti, Kamis (25/11/2021).

Nabunome menguraikan bahwa upaya mendirikan sekolah tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak di antaranya Pemerintah Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Koordinator Pengawas dan Pengawas SMA/SMK Kabupaten TTS, Kepala Desa Basmuti, para orang tua/wali peserta didik, tokoh adat dan juga tokoh agama. Selaku ketua panitia ia menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak tersebut selama proses pendirian sekolah sampai pada pemerolehan SK Izin Operasional.

Ia juga menyampaikan bahwa animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMKN Basmuti sangat tinggi. Meski baru tiga tahun sekolah tersebut dibuka namun keseluruhan peserta didik berjumlah 104 orang.

“Sebelum ada SMA/SMK di Desa Basmuti ini banyak anak usia sekolah yang putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan ke pendidikan menengah seperti SMA/SMK karena jarak tempuh yang cukup jauh. Atas dasar itulah maka kami bentuk panitia pendirian SMK di Basmuti ini. Puji Tuhan setelah berproses selama kurang lebih tiga tahun kami sudah mendapat izin operasional,” ungkapnya.

Nabunome juga terus berharap kepada para orang tua/ wali dan masyarakat sekitar untuk tetap mendukung kehadiran SMK di Desa Basmuti.

“Kami selaku panitia pendiri terus berharap agar sekolah yang sudah ada terus didukung oleh orang tua dan juga masyarakat sekitar dengan menyekolahkan anak-anaknya di sini, karena akses pelayanan terkait Pendidikan sudah semakin dekat,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Plt. Kepala SMKN Basmuti, Astrid J. Markus. Menurutnya dukungan dari orang tua dan juga masyarakat sangat penting dalam memajukan sekolah yang baru berdiri tersebut. Ia juga berharap agar pemerintah terus memperhatikan sekolah ini ke depan khususnya terkait gedung dan fasilitas lainnya yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Pantauan media ini, ucapan syukur bersama tersebut dipimpin oleh Ketua Klasis Kuanfatu, Yani Tahun. Hadir pula Kepala Desa Basmuti, Asta S. S. Lopo, para sekolah pendukung dan semua orang tua/ wali peserta didik dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Lenzho Asbanu/ rf-red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here