Tammy Laysandra: Bertemu Orang-Orang Hebat

0
637
Tammy Laysandra. (Foto: dokumentasi redaksi)

Akhir tahun 2021 meninggalkan kesan tersendiri bagi Tammy Laysandra. Tepatnya Kamis (2/12/2021) waktu London, gadis kelahiran Ende 4 Januari ini berkesempatan hadir dalam pertemuan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Awardee United Kingdom, di Embassy of the Republic Indonesia to the United Kingdom, London, Inggris.

Bagi Tammy, pertemuan tersebut memang berkesan karena ia dapat bertemu dan berdialog secara langsung dengan orang-orang hebat termasuk Drs. Desra Percaya, M.A., Ph.D., Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Britania Raya merangkap Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional yang berkedudukan di London. 

“Pesertanya para perwakilan IISMA Awardee dari seluruh universitas IISMA di UK, kemudian ada Bapak Desra, Duta Besar Republik Indonesia di Britania Raya, sama ada banyak orang KBRI di London lainnya,” tutur Tammy yang hadir sebagai perwakilan IISMA Awardee dari Lancaster University, UK.

Tammy bersyukur dapat terpilih untuk hadir dalam pertemuan tersebut. Banyak hal yang didapat seperti membuka wawasan, menambah dan menjalin koneksi yang lebih luas, dan mendengar kisah dari rekan-rekan mahasiswa lainnya.   

Tammy Laysandra berdialog langsung bersama Duta Besar RI untuk Britania Raya, Desra Percaya

“Membuka wawasan, menambah dan menjalin koneksi yang lebih luas, terutama karena saya diberi kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat dan para perwakilan Awardee dari berbagai universitas di Inggris. Jadi bisa saling bertukar pikiran, kemudian mendengarkan pendapat dan cerita dari mahasiswa kampus yang berbeda,” ungkap alumnus SMAK Frateran Ndao, Ende ini.

Tammy juga mengaku mendapat motivasi langsung dari Duta Besar RI untuk Britania Raya, “Terus dapat sangat banyak motivasi juga dari Duta Besar RI, beliau sangat mendukung mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Yang pasti sangat berkesan dan seru bertemu teman-teman dari universitas lain. Bisa share suka duka, pengalaman, dan cerita lucu masing-masing selama berkuliah di luar negeri.”

Terpilih dari 3000-an Mahasiswa se-Indonesia

Tammy Laysandra merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia angkatan 2019 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang berhasil berhasil meraih Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021, bersama 12 rekannya dari kampus yang sama.

Dikutip dari www.chemeng.ukwms.ac.id., Program IISMA ini adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran di universitas terkemuka dunia. Program ini bertujuan untuk dapat menambah wawasan dan kompetensi mahasiswa dalam dunia profesional dan internasional.

​Dibuka pada bulan Mei 2021, terdapat lebih dari 3000 aplikan yang mendaftar pada IISMA 2021 ini. Melalui proses administrasi, 2000 aplikan lolos dalam proses wawancara. Proses yang ketat mewarnai ajang ini, dan hanya 1000 mahasiswa dari 98 universitas Indonesia yang berhasil meraih penghargaan ini.

Tammy Laysandra pose bersama Dubes RI untuk Britania Raya dan beberapa peserta IISMA Awardee United Kingdom

Tammy Laysandra sendiri berhasil mendapatkan Lancester University di Inggris sebagai universitas partner. Dia akan menyelesaikan satu semester, dimulai dari semester gasal di universitas tersebut. Lancaster University merupakan salah satu universitas top di Inggris, berperingkat 20 di Inggris Raya dan 135 di dunia versi QS TOP UNIVERSITIES. 

Keberhasilan ini tidak lepas dari keaktifan Tammy dalam kompetisi. Pada bulan April 2021 lalu, Tammy juga meraih TOP 10 BEST ESSAY pada kompetisi iChEC 2021. Hal ini mengasah kemampuan Tammy dalam berbagai kompetensi, termasuk komunikasi dan presentasi diri. Raihan ini juga tidak lepas dari dukungan Jurusan Teknik Kimia dan UKWMS yang memberikan dorongan terhadap mahasiswa untuk selalu memiliki semangat dan daya saing yang tinggi. (Robertus Fahik/ rf-red/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here