SMPK Frater Maumere Gelar LKTD bagi Calon Pengurus OSIS

0
179
LKTD bagi Calon Pengurus OSIS SMPK Frater Maumere.

Sikka, SEKOLAHTIMUR – SMP Katolik Frater Maumere menggelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi 98 peserta didik yang merupakan Calon Pengurus OSIS Periode 2022 – 2023. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMPK Frater Maumere, Fr. M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd., Senin (17/01/2022) di Hotel FX Maumere, dan dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (19/01/2022).  

Dalam sambutannya, Fr. Herman mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi peserta didik. Para peserta adalah anak-anak yang dipilih dari 1.038 peserta didik SMPK Frater Maumere, karena itu momentum ini patut disyukuri dan diikuti secara baik.

“Ikuti semua materi yang diberikan oleh bapak/ibu guru dan narasumber lainnya dengan sungguh-sungguh agar selesai kegiatan ini kalian punya bekal yang baik untuk bisa memimpin diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.

Fr. Herman juga menyampaikan apresiasinya kepada panitia yang telah bekerja keras hingga kegiatan ini dapat terlaksana meski masih di tengah pandemi. Ia pun menyebut pemilihan tempat kegiatan sangat tepat sehingga peserta dapat mengikutinya dengan nyaman.

“Saya juga memohon maaf jika tahun kemarin kegiatan ini tidak berlangsung karena masih suasana pandemi. Tahun ini kita laksanakan, semoga berjalan lancar. Selesai kegiatan ini, mohon semua program yang akan disusun dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegas Fr. Herman.

Ketua Panitia Kegiatan, Carlos Toulwala, S.Pd., dalam laprannya mengatakan bahwa latar belakang kegiatan ini sebagai sebuah revolusi pendidikan yang telah melahirkan paradigma baru melalui konsep merdeka belajar. Kita menghendaki peran sekolah tidak sekadar mengisi dan mentransfer pengetahuan tetapi justru sekolah harus menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dengan menghargai segala potensi bakat minat serta melibatkan pengalaman belajar yang dimiliki peserta didik sehingga sejalan dengan cita-cita harapan masa depan bangsa.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan antara lain, menyiapakan generasi muda sebagai generasi berkelanjutan bermasayarakat, menyiapkan generasi muda sebagai pemimpin masa depan, mendorong terbentuknya karakter Pelajar Pancasila yang semakin kokoh, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dengan membekali peserta didik materi organisasi dan pengembangan sepuluh materi literasi, mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai agen transformasi bangsa yang diharapkan oleh pemuda menuju Indonesia Emas 2045,” urainya.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala SMPK Frater, Fr. M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd., Kepala SMAK Frater Maumere, Fr. M. Oswal, BHK, S.Pd., para Wakasek SMPK Frater dan Panitia. Adapun materi dalam kegiatan ini meliputi, Visi Misi SMPK Frater Maumere, Kepemimpinan Dasar Organisasi, Public Speaking dan Pidato, Teknik Memimpin Rapat dan Diskusi.

Selain itu ditambahkan juga materi literasi antara lain, Literasi Dasar Baca Tulis, Literasi Olahraga, Literasi Spritual dan Emosional, Literasi Kewargaan, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Numerasi, Literasi Budaya dan Apresiasi Seni, Lietrasi Sains dan Ekologi.

Informasi yang dihimpun dari panitia, kegiatan ini akan berlanjut dengan Kampanye Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS pada tanggal 20 Januari 2022. Selanjutnya akan digelar pemilihan secara online melalui aplikasi dari panitia. Tanggal 22 Januari 2022 pengumuman hasil, tanggal 24 pelantikan pengurus OSIS. Ketua dan Wakil Ketua OSIS akan dipilih oleh 1.038 peserta didik, dan 78 guru, pegawai dan karyawan. (Adrianus Bareng/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here