Kunjungi TBM Natar Laban, Ini Pesan Gol A Gong

0
132
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Natar Laban, Manggarai Timur.

Manggarai Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Duta Baca Indonesia, Gol A Gong mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Natar Laban yang beralamat di Jalur Trans Flores, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Selasa (15/03/2022). Kunjungan ini merupakan rangkaian dari Safari Literasi Duta Baca Indonesia.

Di hadapan pengelola TBM, anak-anak, dan sejumlah undangan, Gol A Gong menekankan pentingnya membaca buku. Dengan membaca buku, wawasan kita semakin luas, cerdas dan makin kaya kosakata. Ia juga mengajak anak-anak untuk mengisi waktu luang dengan banyak membaca buku.

 “Jangan malas untuk membaca. Kalau kamu suka baca buku kamu akan menjadi orang hebat. Kamu akan menjadi orang yang cerdas,” ungkapnya.

Selain membaca, Gol A Gong juga berharap anak-anak TBM untuk berani menuliskan karyanya berupa buku harian, puisi, cerpen, dan novel.

“Menulis itu juga sangat penting. Saya sudah menulis 125 buku berupa novel, cerita pendek, puisi dan juga penulis skenario TV. Pernah bekerja sebagai wartawan di majalah HAI dan tabloid Pramuka. Semua itu berawal dari kebiasaan membaca. Sehingga untuk menulis tidak kesulitan mendapatkan kosakata. Harapannya, mulailah menulis. Menulis apa saja, dari hal-hal yang sederhana, sehingga suatu saat dari TBM Natar Laban akan lahir penulis,” harap pendiri “Rumah Dunia” ini.

“Walaupun saya memiliki kekurangan, tapi saya selalu berani untuk berkarya. Jangan pernah mengeluh dengan kekurangan yang Anda miliki,” tutup Gol A Gong.

Pendiri dan Pengelola TBM Natar Laban, Rofinus Sengkang merasa bangga dan terharu atas kunjungan ini. Ia berharap anak-anak binaannya dapat mengikuti jejak Gol A Gong.

“Saya tentunya merasa bangga atas kunjungan dari Duta Baca Indonesia Mas Gol A Gong dan tim Safari literasi Nasional. Ya, saya saja bahagia, apalagi anak-anak TBM yang sejak sore tadi sudah menanti kehadiran Duta Baca di tengah-tengah mereka. Yang membuat mereka lebih bahagia, Duta Baca Indonesia merasa seperti kakak-adik, tidak ada jarak di antara mereka. Mereka saling bertanya- jawab dan dan membacakan puisi di hadapan Duta Baca tanpa ragu atau takut,” ungkap Ketua FTBM Manggarai Timur ini.

“Selaku pendiri, semoga kehadiran dari Duta Baca Indonesia ini menambah semangat dan minat membaca serta menulis bagi adik-adik yang ada di TBM Natar Laban ini. Suatu saat tentunya dari mereka ada yang mengikuti jejak dari Duta Baca Indonesia ini,” lanjutnya.

Selain Gol A Gong, hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Manggarai Timur, Tim Safari Literasi Nasional, Kepala SMPN Satap Munde, pengelola serta 25 anak binaan TBM Natar Laban. Acara berjalan dengan lancar dan, peserta sangat antusias bahkan beberapa anak mendapat kesempatan membacakan karya puisinya.

Untuk diketahui, rangkaian Safari Literasi Duta Baca Indonesia di Manggarai Timur berlangsung Minggu – Selasa, 13 – 15 Maret 2022, diawali penerimaan Duta Baca Indonesia bersama tim Safari Literasi di IKM Rana Tonjong, dilanjutkan dengan orasi literasi. Selanjutnya pada hari kedua di tempat yang sama digelar pelatihan menulis bagi penulis pemula yang dihadiri peserta didik SMP, SMA/SMK dan pegiat literasi Manggarai Timur, Safari Literasi di SMAS Katolik Pancasila Borong dan Komunitas Natas Labar.

Kemudian pada hari ketiga Safari Literasi di SMAN 2 Borong, SMP seminari Pius XII Kisol, SDK Paundoa dan TBM Natar Laban Munde. TBM Natar Laban Munde adalah satu-satunya TBM yang dikunjungi Duta Baca Indonesia. TBM Natar Laban Munde bernaung di bawah Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi). (is/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here