Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Akper Maranatha Groups Gelar Kuliah Pakar

0
201

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Akademi Keperawatan (Akper) Maranatha Groups akan menyelanggarakan kuliah pakar dalam bidang keperawatan komunitas pada Sabtu (19/03/2022) mendatang. Kuliah pakar yang mengundang pembicara ahli atau dosen tamu tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan tiap semeseter untuk menambah atau meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga visi-misi kampus dapat tercapai.

“Kami memiliki program unggulan dalam bidang keperawatan keluarga, sesuai dengan visi-misi yang sudah kami sepakati. Harapannya, lulusan kami bisa lebih peka dalam melayani pasien dengan mengendepankan pendekatan keperawatan keluarga,” ungkap Wakil Direktur I Bidang Akademik Akper Maranatha Groups, Awaliyah M. Suwwety, S.Kep., Ns, M.Kep., kepada media ini, Rabu (16/03/2022) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sebelumnya mahasiswa yang akan mengikuti kuliah pakar telah melaksanakan Praktik Kerja Nyata (PKN) Terintegrasi di Desa Baumata Utara, Kab. Kupang. PKN Terintegrasi itu merupakan praktik memberikan pelayanan keperawatan secara langsung kepada masyarakat dengan mengintegrasikan ilmu dari 4 mata kuliah, yaitu keperawatan keluarga; keperawatan gerontik; konseling keluarga, dan homecare.

“Kuliah pakar ini diharapan menjadi suplemen tambahan, sehingga mahasiswa makin menyadari perannya kelak ketika dinyatakan lulus sebagai perawat,” jelasnya.

Ketua panitia kuliah pakar yang sekaligus menjadi dosen pengampu mata kuliah Keperawatan Keluarga, Saverinus Suhardin, S.Kep., Ns, M.Kep, menerangkan terkait teknis pelaksanaannya. Menurut Saverinus, kuliah pakar yang mengusung tema “Tantangan dan Peluang Perawat Komunitas di Era Pandemi Covid-19 dan Masa Depan” itu akan menghadirkan narasumber yang memang memiliki kepakaran dalam bidang tersebut.

“Kita sudah mengundang Ibu Dr. Siti Nur Kholifah, SKM, M.Kep.Sp.Kom. Beliau merupakan Dosen Keperawatan Komunitas di Poltekkes Surabaya, sekaligus menjabat sebagai Ketua Ikatan Perawatan Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) Jawa Timur. Penelitian dan publikasinya dalam bidang keperawatan keluarga dan komunitas sudah banyak tersebar di berbagai jurnal ilmiah,” ungkapnya.

Saverinus melanjutkan, kuliah pakar tersebut akan diselenggarakan secara daring dengan menggunakan media Zoom. Peserta utama kegiatan tersebut merupakan mahasiswa/i Akper Maranatha Groups, tapi pihak penyelenggara juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung, bisa ikuti via Zoom dengan Meeting ID: 834 1224 5076 dan Passcode: 674691.

Camelia Bakker, S.Si-Teol, M.Si, Direktris Akper Maranatha Groups, yang turut dalam memberikan keterangan pers itu sangat mendukung dan mengapresiasi program yang telah dibuat oleh Wadir I Bidang Pendidikan bersama tim panitia. Menurutnya, pendekatan keperawatan keluarga sangat penting dikuasai karena keluarga memiliki peran yang sangat penting ketika ada anggota keluarga yang sakit.

“Kenapa harus keperawatan keluarga? Karena keluarga merupakan ‘pintu masuk’ pelayanan kesehatan. Ketika ada anggota keluarga yang memerlukan bantuan karena masalah kesehatan, potensi keterlibatan anggota keluarga lain sangat besar,” tuturnya.

Berdasarkan pantau media ini pada poster promosi kegiatan, kuliah pakar tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (19/03/2022) mendatang, mulai dari pukul 10.00 WITA hingga selesai. (ss/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here