MKKS SMA/SMK Ngada Siap Gelar 16 Besar Liga Pelajar

0
525
Rapat pemantapan babak 16 besar Liga Pelajar SMA/SMK se-Kab. Ngada, Senin (23/5/2022) di aula SMAN 1 Golewa.

Ngada, SEKOLAHTIMUR.COM Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Kabupaten Ngada siap menggelar Liga Pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Ngada yang kini memasuki babak 16 besar. Hal ini terungkap dalam rapat pemantapan persiapan yang digelar pada Senin (23/5/2022) di aula SMAN 1 Golewa.

Ketua Panitia Penyelenggara, RD. Marianus Agustinus Gare Sera, M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah, juga para guru PJOK yang sudah menyelenggarakan pertandingan di rayon masing-masing.

Terkait jadwal pertandingan 16 besar, RD. Marianus menjelaskan bahwa semua pertandingan akan digelar pada tanggal 27 Mei – 20 Juni 2022 dan dipusatkan di Stadion Lebilaga Bajawa.

“Kesepakatan pertandingan berjalan setengah kompetensi baik putra maupun putri. Ini sebagai bentuk dukungan para kepala sekolah juga para guru agar bisa menggali dan mengembangkan bakat juga kemampuan anak dalam berkompetisi di ajang Liga Pelajar ini,” ungkapnya.

Terkait anggaran kegiatan, jelasnya, diserahan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai kemampuan dana BOS. Anggaran juga didapatkan panitia dari sumber lainnya seperti dukungan Pemerintah Kabupaten Ngada.

“Terima kasih Bapak Bupati Ngada, AKBP (Purn) Paru Andreas, S.H., M.H., yang turut mendukung kegiatan yang akan di selenggarakan dan bersedia membantu dengan tulus mendanai sebesar 50 juta rupiah, dan juga Kadis PKPO Ngada, Drs. Vinsensius Milo, M.M. Kita juga akan selalu berkoordinasi agar semuanya bisa berjalan,” tuturnya.

“Saya berharap dengan dukungan seperti ini akan membawa putra-putri Ngada lebih bermutu dalam hal berkompetisi secara khusus di bidang olahraga sepak bola. Saya juga berharap agar para pencinta bola se-Kabupaten Ngada, terutama bagi orang tua dari anak-anak bisa mendukung dan berpartisipasi dengan caranya masing-masing. Luangkan waktu untuk datang menyaksikan kompetisi yang akan disajikan putra-putri Ngada tercinta di Stadion Lebi Jaga Bajawa Ngada dari tanggal 27 Mei hingga final. Peserta pertandingan 16 tim putra dan 13 tim putri yang merupakan hasil seleksi dari 8 rayon,” jelasnya.

Panitia Penyelenggara Liga Pelajar SMA/SMK se-Kab. Ngada.

Kepala SMAN 2 Jerebuu, Fifmina Jawaria A. Dhone, S.Pd., menyatakan, pihaknya siap mendukung penuh penyelenggaran Liga Pelajar ini meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semuanya demia mendukung perkembangan peserta didik.

“Walaupun butuh nyali dan napas terengah-engah menyangkut dengan pembiayaannya cukup besar, demi anak- nak dan juga bibit-bibit yang berkualitas dalam bidang olahraga sepak bola, kita juga terus berupaya semaksimal mungkin, agar semua bisa berjalan. Kita juga berharap agar kegiatan seperti ini terus digelar setiap tahun dan bila perlu ada dana khusus,” terangnya.

Nilai Persaudaraan dan Sportifitas

Ketua MKKS SMA Kabupaten Ngada, Dra. Hendriana Yovita Nau mengungkapkan bahwa liga pelajar ini terselenggara berkat dukungan berbagai pihak mulai dari tingkat rayon hingga babak 16 besar. Dukungan juga datang dari Pemrintah Kabupaten Ngada.

“Ini memang kegiatan kecil tetapi bisa melibatkan banyak orang sehingga menjadi besar. Ini menyadarkan kita bahwa kegiatan olahraga ini juga bagian dari lembaga pendidikan berdasarkan surat dari Dinas PK Provinsi NTT agar semua sekolah tingkat SMA/SMK se-NTT wajib membudayakan Liga Pelajar agar minat dan bakat anak bisa tersalurkan, potensi dan kemampuan anak dalam bentuk sepak bola putra/putri,” ungkap Kepala SMAN 1 Golewa ini.

“Dengan adanya kegiatan sepak bola ini juga menyatukan berbagai perbedaan dan saling mengenal satu sama yang lainnya. Dan perlu ditekankan adalah nilai persaudaraan dan sportifitas. Dan mempersiapkan diri untuk di Liga Pelajar tingkat provinsi. Pada intinya, jadilah anak yang berdaya juang yang tinggi, ada rasa kerja sama dalam tim, percaya diri, sabar dan menjujung tinggi nilai persaudaraan. Itulah dasar dan fondasi sebuah kemenangan,” pungkasnya. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here