Antusias Sambut Jokowi, Ini Ungkapan Hati Warga Ngada

0
189
Warga Kabupaten Ngada, NTT antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi, Rabu (1/6/2022).

Ngada, SEKOLAHTIMUR.COM – Kehadiran Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan di Kabupaten Ngada, Rabu (1/6/2022) disambut antusiasme warga setempat. Terlihat warga telah memadati area bandara Turelelo Soa sebelum helikopter Super Puma TNI Angkatan Udara yang ditumpangi Jokowi mendarat.

Tidak hanya di area bandara, warga pun memadati ruas jalan yang dilalui Presiden dan rombongan. Bahkan ratusan pelajar dari tingkat PAUD hingga SMA membuat pagar betis, menyambut orang nomor satu di Indonesia ini. Teriakan histeris bahkan tangisan warga setempat mewarnai perjalanan Jokowi melintasi area bandara menuju beberapa lokasi yang dikunjunginya.

“Hari ini adalah momentum bersejarah bagi warga kita secara khusus Ngada tercinta ini. Sangat senang dan luar biasa karena baru terjadi. Kami sangat tidak bisa lupakan kebahagiaan tersebut karena selama ini kami mengetahui Presiden Indonesia hanya lewat televisi tapi hari ini kami lihat langsung dan menjadi penghargaan yang luar biasa adalah seorang kepala Negara bisa datang langsung dan melihat langsung kondisi rakyatnya yang jelata secara khusus di Sesa Dadawea Kecamatan Golewa,” ungkap Kresensiana Ule, warga Desa Dadawea.

Dirinya berharap kedatangan Presiden Jokowi bisa membawa perubahan bagi masyarakat kecil. Dengan demikian ke depan masyarakat bukan lagi menjadi terbelakang tetapi terkemuka dalam hal pembangunan ekonomi masyarakat. 

Kepala SDK Piga Laurensius Waghe, S.Pd., SD., mengungkapkan, kunjungan Jokowi ini adalah momentum yang sangat luar biasa karena dari awal negara ini dibentuk baru kali ini seorang presiden bisa datang.

“Kami sangat senang dan semua aktivitas sekolah diliburkan dan menunggu untuk menjemput kedatangan Bapak Presiden yang kita cintai ini. Dari kami Lembaga pendidikan hanya berharap dengan kedatangan Bapak Presiden bersama Ibu hari ini bisa berdampak bagi masyarakat Ngada secara khusus dari kami di era digitalisasi ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Semoga ada perhatian khusus dari Bapak Presiden, karena kerbehasilan sebuah wilayah atau daerah bermuara pada dasarnya pendidikan. Oleh karena itu, secara khusus dari kami sangat membutuhkan sarana digitalisasi untuk kepentingan lembaga pendidikan, apalagi kami yang berada di pelosok dan masih sangat minim dengan sarana prasarana yang mendukung. Masih banyak kendala, seperti halnya listrik, jaringan komunikasi, jalan, gedung, juga sarana pendukung lainnya. Semoga bisa dipercepat pembangunan dalam berbagai aspek.”

Warga menanti kehadiran Jokowi di ruas jalan Turetogo.

Hernan Toa, warga Desa Rato Gesa, Kecamatan Golewa mengaku bahwa kunjungan Presiden Jokowi merupakan hari yang spesial dan sangat berarti baginya bersama masyarakat yang berada di desa terpencil. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden yang sudah mau melihat secara langsung keberadaan rakyat jelata.

“Semoga sepulangnya Bapak dari tempat kami ini bisa memberi harapan masa depan kabupaten kami ini keluar dari kemelut ekonomi dan menjadikan Ngada terdepan dalam berbagai aspek. Terutama pengelolaan bahan lokal (bambu) dan berpotensi bagi warga Ngada seutuhnya. Sekali lagi terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo. Kami berharap kalau undang-undang masih memperbolehkan untuk tambah satu periode kami sangat mendukung. Kami juga berharap kalau nanti pergantian presiden yang baru juga bisa datang ke daerah kami yang terpencil ini,” pungkasnya.

Menunggu Sejak Pagi

Seorang siswi kelas X1 dari SMAN 1 Golewa Selatan, Yohana Ludgardis Meo, saat diwawancarai media ini, mengisahkan, ia bersama para guru telah menunggu kehadiran Bapak Presiden sejak pagi di ruas jalan lintas antara Mataloko menuju area yang menjadi lokasi kunjungan Bapak Presiden.

“Momentum ini pasti tidak akan terulang lagi. Terus terang kalau kami berada dan menunggu dari pagi bersama Mama Kepsek juga keluarga besar SMAN 1 Golewa bersemangat untuk datang dan menyaksikan langsung dan menyambut Bapak Presiden bersama Ibu, juga rombongan. Kami tidak akan berpindah dari sini walaupun hujan lebat mengguyur kami dan kami tidak rasa lapar, walaupun dari pagi berada di tempat ini. Saya ingin menyampaikan pada Bapak Presiden, kalau hari ini adalah hari yang istimewa bagi kami,” tutur Yohana.

Warga menanti kehadiran Jokowi di Kampung Adat Wogo.

“Dan kami berharap agar setelah Bapak pulang, Bapak lebih memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan sekolah terutama bagi kami anak-anak pelajar. Agar diperhatikan khusus karena kebanyakan orang tua kami berasal dari minim penghasilan alias petani. Terakhir kata saya mengucapkan terimakasih pada Bapak Presiden bersama Ibu kalau kami dari SMAN 1 Golewa Selatan sudah melihat langsung Bapak bersama Ibu walaupun hanya sepintas lalu. Yang pasti selalu di hati buat Bapak Presiden RI 1 bersama Ibu,” sambungnya.

Ungkapan hati juga disampaikan seorang siswa SMPN 1 Aimere, Marcelo Gustof Guwa Pongo. Ia bersama 14 teman lainnya antusias untuk datang dari Aimere hanya untuk melihat Bapak Presiden secara langsung.

“Ungkapan bahagia tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Hanya satu kata yaitu kami sangat rindu dan hari ini seperti mimpi,” ungkap Marcelo. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here