KGBN Ende: Guru Dituntun Siap Belajar

0
76
Tangkapan layar Pelantikan Badan Pengururus Kabupaten (BPK) Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Ende pada Jumat (5/8/2022).

Ende, SEKOLAHTIMUR.COM – Badan Pengururus Kabupaten (BPK) Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Ende resmi dilantik pada Jumat (5/8/2022). Pelantikan tersebut dilakukan secara daring.

Dalam Orasi Merdeka Belajar, Ketua KGBN Ende Wilfridus Kado mengatakan, guru berperan penting dalam mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menghadirkan pendidikan yang bermutu sesuai tantangan dan kebutuhan zaman di ruang kelas dan sekolah.

Menurutnya, kebijakan Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, pada tahun 2020 menempatkan guru menjadi bagian transformasi pendidikan.

“Dalam melaksanakan transformasi pendidikan, guru dituntun siap belajar,” ungkap Wilfridus.

Lebih lanjut dikatakan Wilfridus Kado, kompetensi guru secara teknis dan nonteknis perlu ditingkatkan agar mampu melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada anak. Hal tersebbut, jelasnya, sebagaimana dasar Kurikulum Merdeka yang mengadopsi falsafah Ki Hajar Dewantara.

Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara, Usman Jabbar mengatakan, guru harus mempunyai siasat dari ketidakberdayaan, berdaya dengan tidak menjadi korban. Guru pun dituntut untuk mampu mengembangkan potensi dirinya.

Pada kesempatan yang sama juga dilantik Badan Pengurus Provinsi (BPP) KGBN Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Badan Pengururus Kabupaten (BPK) Kabupaten Ngada. (rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here