SMAN Tobu Gelar Festival Bahasa dan Seni

0
320
Pose bersama perwakilan panitia dan peserta Festival Bahasa dan Seni SMA Negeri Tobu.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Guna meningkatkan bakat dan minat serta menggali potensi yang dimiliki oleh para peserta didik, SMA Negeri Tobu menggelar Festival Bahasa dan Seni. Kegiatan tersebut berlangsung di sekolah setempat yang berlokasi di Desa Tobu, Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS pada Jumat – Sabtu, 21 – 22 Oktober 2022.

Tercatat delapan sekolah ikut ambil bagian dalam ajang tersebut. Delapan sekolah itu yakni, SMA Negeri Kapan, SMA Kristen Kapan, SMTK Benfomeni Kapan, SMA Negeri Nunbena, SMK Kristen Huetalan, SMP Negeri Tobu, SMPN Satap Ajao Kenat, dan SMP Negeri Bonleu.

Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmensus) Kabupaten TTS, Yunus Tloim, S.Pd., saat membuka kegiatan tersebut pada Jumat (21/10/2022), memberikan apresiasi kepada pihak SMA Negeri Tobu yang terus berupaya untuk meningkatkan bakat dan minat, serta menggali setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik.

Yunus Tloim, S.Pd.

“Kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri Tobu ini sangat bagus, karena itu saya memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang terus berupaya untuk menggali setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik. Saya juga bangga karena kegiatan ini melibatkan beberapa sekolah yang ada baik itu SMP, SMK dan juga SMTK, ini menunjukkan kerja sama yang baik, karena itu saya mengimbau untuk terus bergandengan tangan untuk melakukan hal-hal positif semacam ini,” ungkapnya.

Yunus juga berharap agar sekolah lain juga bisa menggelar kegiatan serupa untuk menggali dan meningkatkan bakat dan minat peserta didik sesuai keahliannya masing-masing.

“SMA Negeri Tobu sudah memberikan contoh yang baik, karena itu diharapkan agar sekolah yang lain juga bisa menggelar berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mampu meningkatkan setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik. Pada prinsipnya bahwa tujuan dari berbagai kegiatan yang dilakukan agar semua sekolah bisa maju bersama,” tandasnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri Tobu, Abednego Baun, S.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut ada lima mata lomba yang dilombakan dengan tujuan untuk meningkatkan bakat dan minat para peserta didik. Selain itu kegiatan tersebut juga digelar untuk melatih mental  para peserta didik.

Abednego Baun, S.Pd.

“Kegiatan Festival Bahasa dan Seni yang kami gelar di sekolah ini ada lima mata lomba yang dilombakan yaitu lomba Baca Puisi, Pidato, Solo, Vokal Grup, dan Tarian Daerah. Pada kegiatan ini juga ada delapan sekolah yang bergabung baik di tingkat SMP maupun SMA dan SMK. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan bakat dan minat para peserta didik sehingga setiap potensi yang dimiliki dapat dikembangkan dan menjadi modal bagi mereka ke depan,” ujarnya.

Abed juga menyampaikan bahwa guna meningkatkan bakat dan minat para peserta didik khususnya di SMA Negeri Tobu, ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolahnya yaitu di bidang Seni, Kewirausahaan, dan Prakarya. 

“Untuk mendukung para peserta didik dalam meningkatkan bakat dan minat yang ada maka kami di SMA Negeri Tobu ini ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yaitu Seni, Kewirausahaan, dan Prakarya. Semua kegiatan ekstrakurikuler yang ada ini bertujuan untuk membekali para peserta didik yang ada untuk menjadi modal bagi diri mereka ke depan,” jelasnya.

Abed juga berharap kegiatan yang melibatkan beberapa sekolah itu mampu memotivasi para peserta didik untuk lebih giat mengembangkan potensi dirinya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memotivasi setiap sekolah maupun peserta didik yang ada untuk terus mengembangkan setiap potensi yang dimiliki, agar suatu kelak mereka bisa mandiri dan jadi contoh bagi orang lain,” tandasnya.

Roby Faot, Salah satu anggota DPRD Kabupaten TTS yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi bagi panitia dan peserta. Menurutnya kegiatan yang digelar itu sangat bermanfaat bagi para generasi penerus bangsa.

Roby Faot

“Sebagai wakil rakyat, saya memberikan apresiasi kepada pihak SMA Negeri Tobu dan delapan sekolah lain yang mengikuti kegiatan Festival Bahasa dan Seni ini. Kegiatan ini setelah saya ikuti sangat bagus karena melatih anak-anak kita untuk lebih kreatif dan juga memotivasi mereka untuk lebih maju lagi ke depan. Karena itu saya akan terus mendukung agar kegiatan semacam ini terus berlanjut ke depan,” pungkas Roby Faot. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here