Kardinal Suharyo Pimpin Misa Pembukaan Pesparani Nasional II

0
33
Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo bersama para imam konselebran dalam Misa Pembukaan Pesparani Nasional II di Kupang, Jumat (28/10/2022).

Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Pesparani Nasional II di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dibuka secara resmi pada Jumat (28/10/2022), dengan misa pembuka di Stadion Oepoi yang dipimpin oleh Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo. 

Misa pembuka Pesparani dihadiri oleh ribuan umat yang memadati Stadion Oepoi sejak pukul 13.00 Wita. Membuka khotbahnya, Mgr. Ignatius mengajak umat yang hadir untuk merayakan kebersamaan sebagai murid-murid Yesus Kristus.

“Kita bersyukur atas iman, harapan dan kasih yang mempersatukan kita, umat Tuhan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya dalam pembuka khotbahnya. 

Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia itu juga menekankan nilai-nilai kebangsaan dalam Pesparani Nasional II yang diselenggarakan tahun ini.

“Sebagai warga bangsa, kita ingin bersyukur karena sepanjang sejarah, Allah telah menimbulkan kesadaran kita sebagai bangsa, mempersatukan kita dalam satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, dan memberikan Pancasila sebagai landasan yang paling dasar hidup kita sebagai bangsa. Kita bertanya, apakah sabda Tuhan yang kita dengarkan pada hari ini dapat memberikan inspirasi iman bagi kita dan memberikan makna yang lebih kuat bagi Pesparani II ini,” tegasnya.

Mengakhiri khotbahnya, Kardinal mengajak umat untuk menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa sebagai bentuk bakti kepada bangsa.

“Tadi, kita sudah melantunkan lagu-lagu bakti kita kepada Tuhan. Saya ingin mengajak semua yang ada di sini berdiri dan menyanyikan bersama-sama lagu Satu Nusa Satu Bangsa pada momentum Hari Sumpah Pemuda,” pungkasnya. (SP Panitia Pesparani Nasional II/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here