SMAN Banat Gelar Perjusami

0
137
Upacara Pembukaan Perjusami di SMAN Banat pada Jumat (28/10/2022).

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Untuk meningkatkan Karakter para peserta didik agar memiliki jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, tanggung jawab, gotong royong, serta memiliki keterampilan melalui kegiatan Pramuka, SMA Negeri Banat menggelar Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami). Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat – Minggu, 28 – 30 Oktober 2022 di sekolah yang berlokasi di Desa Ofu, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS.

Kepala SMA Negeri Banat Dra. Putri E. T. I. R. Babys yang ditemui disela-sela pembukaan kegiatan Perjusami pada Jumat (28/10/2022), kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah salah satunya adalah kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka ini sangat penting karena dapat membentuk karakter para peserta didik yang ada, juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan membentuk para peserta didik untuk memiliki jiwa kepemimpinan.

Dra. Putri E. T. I. R. Babys

“Kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri Banat ini salah satunya adalah kegiatan Pramuka, dan itu wajib bagi semua peserta didik untuk terlibat, termasuk para tenaga pendidik yang ada, karena dalam kegiatan Pramuka ini banyak hal positif yang diperoleh yaitu para peserta didik dibentuk untuk disiplin dalam segala hal, memiliki tanggung jawab, sifat gotong royong, dan berbagai hal positif lainnya,” ungkapnya.

Putri berharap dengan adanya kegiatan Perjusami para peserta didik lebih giat lagi belajar untuk mempersiapkan diri agar suatu kelak mereka bisa jadi pemimpi yang diandalkan.

“Dengan adanya kegiatan Perjusami ini diharapkan agar para peserta didik yang ikut bisa mengambil hikmah dari berbagai kegiatan yang akan diadakan selama tiga hari ini, karena melalui kegiatan Pramuka para peserta didik dilatih untuk mandiri, jujur, bertanggung jawab dan disiplin,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari keseluruhan peserta didik yang ada di SMA Negeri Banat berjumlah 370 orang, namun yang terlibat dalam kegiatan Perjusami tersebut sebanyak 92 peserta didik.

“Kegiatan Perjusami yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh 92 peserta didik dari jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 370 orang. Sekalipun banyak yang tidak terlibat tetapi dari pihak sekolah kami berharap agar 92 peserta didik yang terlibat langsung ini bisa membagikan setiap aktifitas maupun pengalaman yang diperoleh agar kedepan semua peserta didik yang ada bisa terlibat secara aktif dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Dra. Welmince W. Hae, sebagai pengurus Kwarcab Kabupaten TTS, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua sekolah baik di jenjang SD, SMP SMA maupun SMK. Menurutnya kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter para peserta didik untuk memiliki jiwa kepemimpinan.

Dra. Welmince W. Hae

“Untuk 32 kecamatan yang ada di Kabupaten TTS telah dibentuk Kwartir Ranting (Kwarran), oleh karena itu diharapkan agar kegiatan Pramuka terus berjalan di setiap satuan pendidikan yang ada, karena kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter para peserta didik yang ada, ada banyak hal positif yang diperoleh ati kegiatan Pramuka,” tandasnya.

Welmince menyampaikan bahwa kehadirannya pada kegiatan Perjusami yang digelar oleh SMA Negri Banat itu untuk berbagi dengan para pembina maupun para peserta didik yang ada khususnya kepada Pramuka Penegak.

“Kehadiran saya di sini untuk berbagi kepada para pembina maupun peserta didik yang ada khususnya kepada Pramuka Penegak, karena itu melalui kegiatan Pramuka ini kita mempersiapkan para peserta didik yang ada untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang suatu saat nanti menerima tongkat estafet kepemimpinan baik di pemerintahan, maupun d bidang -bidang lainnya,” jelasnya.

Welmince juga mengajak semua peserta didik yang ada untuk bergabung di kegiatan kepramukaan. Menurutnya kegiatan Pramuka dapat melatih dan membentuk karakter yang akan berdaya saing kedepan.

“Untuk anak-anak muda ataupun semua peserta didik ada di setiap jenjang, bergabunglah dengan kegiatan Pramuka karena Pramuka dapat membentuk karakter yang memiliki daya saing, selain itu kegiatan Pramuka juga menyenangkan. Karena itu saya berharap agar anak-anak milenial sekarang jangan membuang waktu dengan game online yang tidak bermanfaat tetapi isilah hari-harimu dengan hal- hal yang positif,” tegasnya.

Rangkaian kegiatan Perjusami di SMA Negeri Banat diisi dengan materi Kursus Orientasi, Penjelajahan Alam, Malam Kesenian, Bakti Sosial, dan berbagai kegiatan lainnya. Pantauan media ini para peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here