SMPN 2 Kupang Timur Bentuk Karakter melalui Pramuka

0
40
Kepala SMPN 2 Kupang Timur Florince Lumba, S.Pd., saat tampil sebagai pembina upacara.

Kab. Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – SMP Negeri 2 Kupang Timur menggelar Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) bagi anggota pramuka Gugus Depan (Gudep) sekolah setempat pada Senin (11/12/2022). Kegiatan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang baik serta cakap terhadap segala situasi.

“Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) bagi anggota pramuka Gugus Depan (Gudep) ini dilaksanakan untuk mengisi waktu peserta didik yang telah selesai melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan menghidupkan kembali kegiatan pramuka yang sempat fakum beberapa tahun, agar peserta memiliki nilai kecakapan yang dapat membantu mereka menjadi pribadi yang baik dan melatih mereka agar memiliki nilai-nilai karakter yang baik,” ungkap Kepala SMPN 2 Kupang Timur Florince Lumba, S.Pd., dalam arahannya.

Florince berharap agar kegiatan tersebut dapat memberikan nilai-nilai positif, tidak hanya bagi para peserta sendiri, tetapi juga bagi banyak orang serta nusa dan bangsa.

Suasana kegiatan

“Kiranya dengan diselenggarakannya kegiatan ini, para peserta didik dapat memilki nilai-nilai karakter yang baik guna membentuk jati diri menjadi pribadi yang baik bagi diri sendiri, orang lain dan bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Ia menambahkan, nilai-nilai karakter yang baik harus ditanamkan secara baik di dalam diri para peserta didik dan kedisiplinan adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

“Nilai-nilai karakter seperti berakhlak mulia, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab harus benar-benar menyatu serta menjiwai hidup kalian. Dari semua itu, yang saya tekankan adalah disiplin karena tanpa disiplin diri yang baik, maka mustahil segala mimpi dapat diraih,” tandasnya.

Suasana kegiatan

Lebih lanjut Florince mengutarakan harapannya agar sekolah yang dipimpinnya dapat memberikan contoh dan teladan yang baik sekaligus dapat menjadi barometer pendidikan.

“Selain itu, salah satu harapan saya selaku kepala sekolah adalah kiranya SMPN 2 Kupang Timur ini, kelak menjadi salah satu barometer pendidikan di Kabupaten Kupang,” pungkasnya. (Yosi Bataona/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here