Tutup Tahun Ajaran 2022/2023, SMKN 2 Soe Gelar Pentas Seni

0
257
Pemukulan gong oleh Wakil Bupati TTS saat pembukaan pentas seni SMKN 2 Soe.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka mengakhiri proses pembelajaran akhir pada tahun pelajaran 2022/2023, SMK Negeri 2 Soe menggelar pentas seni (Pensi). Kegiatan bertema “Mencintai Lingkungan, Membumi dengan Budaya, Melangit dengan Kreatif” tersebut berlangsung di lapangan basket sekolah setempat pada Jumat (23/6/2023), dan dihadiri oleh ribuan peserta didik, orang tua/wali, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati TTS, Johny Army Konay, yang turut hadir dan membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada pihak SMK Negeri 2 Soe yang telah menyelenggarakan pentas seni di akhir tahun ajaran 2022/2023.

“Mewakili pemerintah daerah Kabupaten TTS, saya menyampaikan terima kasih dan juga apresiasi kepada SMK Negeri 2 Soe yang menggelar pentas seni ini. Untuk SMA dan SMK, kami pemerintah kabupaten tidak memiliki kewenangan untuk mengatur namun secara kemitraan kita tetap ada karena itu kami menyampaikan terima kasih karena telah menyiapkan generasi muda masa depan Timor Tengah Selatan,” ungkapnya.

Pose bersama.

Army Konay juga memberi motivasi kepada para peserta didik SMK Negeri 2 Soe untuk terus belajar dengan giat. Ia meminta kepada para generasi muda agar jangan takut menghadapi masa depan, karena seseorang tidak ada yang tahu dengan pasti akan apa yang terjadi di masa depan.

Ia mengutip ayat Kitab Yeremia 1:5: “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa”.

“Saya meminta kepada semua peserta didik SMK Negeri 2 Soe untuk terus belajar dengan giat, jika gagal jangan merasa menyesal atau kecewa karena telah tertulis pada kutipan ayat Alkitab tadi. Karena itu saya berharap kepada generasi muda agar jangan takut menghadapi masa depan,” tandasnya.

Tamu undangan.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 2 Soe, Nifron Karelistar A. Fallo, S.Kom., dalam sambutannya mengajak semua hadirin untuk selalu mengucap syukur kepada Tuhan, karena atas anugerahNya sehingga kegiatan pentas seni SMK Negeri 2 Soe tahun 2023 dapat berjalan dengan baik.

“Bapak/Ibu tamu undangan, para guru, orang tua/wali peserta didik, dan semua peserta didik SMK Negeri 2 Soe, pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Tuhan, karena atas anugerah-Nya hari ini kita semua berkumpul di sini dalam keadaan sehat guna menyaksikan kreativitas anak-anak kita yang dikemas dalam kegiatan pentas seni,” ungkapnya.

Nifron Fallo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program tahunan yang terus dilakukan oleh keluarga besar SMK Negeri 2 Soe.

“Bapak/Ibu orang tua/wali peserta didik, perlu kami informasikan bahwa kegiatan pentas seni ini merupakan program sekolah yang dilakukan setiap tahun. Tujuan utama dari kegiatan pentas seni ini sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas serta bakat dan minat dari para peserta didik. Tema yang kami angkat pada tahun ini yakni Mencintai Lingkungan, Membumi dengan Budaya, Melangit dengan Kreatif,” jelasnya.

Fashion Show peserta didik SMKN 2 Soe.

Nifron juga mengungkapkan bahwa sebagai satu-satunya SMK PK yang ada di TTS, maka pihak sekolah terus berbenah dan membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.

“SMK Negeri 2 Soe merupakan satu-satunya SMK PK yang ada di Kabupaten TTS, karena itu kami dari pihak sekolah terus berbenah dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak dan terus berupaya dalam meningkatkan kompetensi para peserta didik kami yang ada. SMK Negeri 2 Soe juga ada program SMK membangun desa yang mana dalam program ini melibatkan semua kompetensi keahlian yang ada,” ujarnya.

“Selain program SMK membangun desa, pihak sekolah juga terus membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri seperti Axioo, Polytron, dan masih banyak mitra lainnya, jadi tujuan sekolah membangun kemitraan dengan dunia kerja dan dunia industri ini agar ada sinkronisasi terkait dengan kurikulum yang ada. Selain itu juga para alumni dari SMK Negeri 2 Soe bisa terserap dalam dunia kerja,” urainya.

Di akhir sambutannya, Nifron menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada semua stakeholder yang telah memberikan dukungan kepada SMK Negeri 2 Soe.

“Saya selaku kepala sekolah, mewakili semua keluarga besar SMK Negeri 2 Soe menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua stakeholder yang selalu memberi dukungan dan motivasi kepada kami untuk terus berbenah. Terima kasih juga kami sampaikan kepada semua orang tua/wali yang memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan pentas seni SMK Negeri 2 Soe pada tahun 2023 dapat terlaksana,” ujarnya.

“Mewakili semua keluarga besar SMK Negeri 2 Soe, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan kegiatan pentas seni ini ada hal-hal yang menyinggung perasaan Bapak/Ibu semua, kami mohon untuk dimaafkan,” pungkasnya.

Pose bersama Kabid Dikmen Dinas PK NTT.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas PK Provinsi NTT, Ayub S. P. Sanam, S.Pd., dalam sambutannya saat menutup kegiatan pentas seni tersebut pada Jumat (23/6/2023) malam, memberikan apresiasi kepada pihak sekolah dan juga peserta didik yang tampil dalam kegiatan pensi tersebut.

“Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, kami memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang telah selenggarakan kegiatan pensi ini. Kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas para peserta didik perlu ditingkatkan di sekolah-sekolah. Kita juga memberikan apresiasi kepada para peserta didik yang tampil, karena panggung seperti ini tidak semua peserta didik bisa tampil karena itu patut kita berikan apresiasi,” ungkapnya.

“Pesan saya kepada keluarga besar SMK Negeri 2 Soe, maju terus, tingkatkan produk-produk yang dihasilkan dari setiap kompetensi keahlian dan anak-anak harus diberi apresiasi terkait dengan setiap produk yang ditampilkan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pemberian penghargaan kepada guru, pegawai, peserta didik beserta orang tua, merupakan sebuah tradisi di SMK Negeri 2 Soe. Karena itu ia menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah yang tetap menjalankannya dan perlu ditingkatkan.

Alstyne Kase.

Sementara itu ketua panitia kegiatan, Alstyne Rolinda M. Kase, S.Pd., dalam laporan panitia menyampaikan bahwa pentas seni merupakan salah satu kegiatan rutin SMKN 2 Soe, sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengekspresikan serta menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki melalui seni tari, seni musik, dan seni  teater.

Alstyne juga menyampaikan tujuan dari kegiatan pentas seni tersebut yaitu; (1) Melestarikan dan mengembangkan karya seni dan budaya tradisional daerah; (2) Untuk menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik saat tampil di depan teman-teman, guru, dan masyarakat umum; (3) Menumbuhkan kreativitas dalam berkarya dan berkesenian; dan (4) Melatih kekompakan dan menumbuhkan rasa ingin tahu.

Alstyne berharap dengan diadakannya pentas seni tersebut generasi muda saat ini dapat mencintai budaya dan mengeksplor nya melalui bakat dan minat yang dimiliki.

“Selain kegiatan pensi, kami juga mengadakan kegiatan ‘Job Fair’ sebagai wadah untuk para alumni atau pencari kerja dengan dunia usaha atau dunia industri. Adapun sponshorship yang mendukung kegiatan pensi yakni, Telkomsel, XL Prioritas, BRI, Bank NTT, Bank TLM, Bank Indonesia, dan Cipta Laku,” ujarnya.

“Selain itu adapun industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA)  yang mendukung kegiatan ‘Job fair’ yakni, Sotis Hotel, Kristal Hotel, Amaris Hotel, PT. Hasjrat Abadi Kupang, Apricom Komputer, dan Ivaro Ventura. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada sponshorship dan IDUKA yang telah ikut serta dalam menyukseskan dan menjadi pendukung utama kegiatan kami,” jelasnya.

Pantauan media ini, di sela-sela kegiatan pentas seni tersebut juga diberikan penghargaan kepada guru, pegawai, dan peserta didik yang berprestasi dan berdedikasi. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada peserta didik yang yang meraih peringkat I, II, dan III dari semua kelas. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini