MGMP Fisika SMA TTS Berbagi Praktik Baik Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK

0
1055
Kegiatan MGMP Fisika SMA Kab. TTS di aula SMA Kristen 2 Soe pada Selasa, 26 Maret 2024.

Kab. TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika jenjang SMA se-Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar pertemuan rutin untuk membahas inovasi dan strategi pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan di bidang Fisika pada setiap satuan pendidikan. Kegiatan tersebut berlangsung di aula SMA Kristen 2 Soe pada Selasa, 26 Maret 2024, dan diikuti oleh puluhan guru Fisika SMA se-Kabupaten TTS.

“Khusus untuk pertemuan hari ini kami para guru yang tergabung dalam MGMP Fisika jenjang SMA se- kabupaten TTS berbagi praktik baik terkait dengan penerapan media pembelajaran dan juga instrumen asesmen berbasis TIK yang mana menggunakan aplikasi PhET dan juga aplikasi quizizz,” ungkap Ketua MGMP Fisika jenjang SMA Kabupaten TTS, Abraham Tefa, S.Pd., kepada media ini.

Ketua MGMP Fisika Jenjang SMA Kabupaten TTS, Abraham Tefa, S.Pd.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut para guru mampu mengimplementasikan setiap materi yang diberikan terutama pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK melalui dua aplikasi tersebut.

“Selaku ketua MGMP dan juga semua badan pengurus berharap agar dengan adanya materi yang diberikan kepada sesama guru terkait dengan penerapan media pembelajaran berbasis TIK itu mampu diimplementasikan oleh setiap guru yang ada, sehingga proses pembelajaran lebih memudahkan dan juga menyenangkan,” harapnya.

Suasana kegiatan.

“Untuk MGMP Fisika dalam setahun diadakan empat kali pertemuan sebelumnya, namun pada tahun 2024 ini enam kali pertemuan dalam satu tahun, yang mana setiap semester itu diadakan tiga kali pertemuan. Setiap kali pertemuan itu tentunya kami saling berbagi dan melengkapi terkait dengan materi pembelajaran. Selain itu juga saling sharing tentang setiap persoalan yang ditemukan oleh setiap guru di sekolah masing-masing, di situ kami saling berbagi untuk mencari atau menemukan solusi yang dihadapi, sehingga proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan bisa dapat berjalan dengan baik,” urai Abraham Tefa.

Ia mengimbau kepada semua guru Fisika jenjang SMA yang ada di Kabupaten TTS untuk aktif mengikuti setiap pertemuan yang dilakukan. Ia juga berharap agar semua kepala sekolah mendukung sekaligus memfasilitasi setiap guru yang ada agar dapat mengikuti pertemuan khususnya di MGMP Fisika.

Suasana kegiatan.

“Berdasarkan data yang ada yakni sebanyak 60 guru Fisika yang telah bergabung di MGMP Fisika, namun dalam pertemuan kali ini yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 38 guru, karena itu saya mengimbau kepada semua guru Fisika khususnya jenjang SMA untuk aktif dalam pertemuan yang diadakan. Saya juga mengimbau sekaligus memohon dukungan dari semua kepala sekolah yang ada agar mendukung dan juga memfasilitasi setiap guru fisika yang ada di satuan pendidikan masing-masing untuk terlibat dalam setiap agenda pertemuan yang dilaksanakan oleh MGMP,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ronisius Otu, S.Pd. (SMAN 1 Amanuban Tengah) dan Melda Tamonob, S.Si. (SMA Kristen 2 Soe). Turut hadir Koordinator Pengawas SMA/SMK Kabupaten TTS, Jimmy Pelle, Kepala SMA Kristen 2 Soe, Simon Benu, dan puluhan guru fisika. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini