311 Peserta Didik SMKN 2 Soe Ikuti Ujian LSP dan UKK

0
256
Kepala SMK Negeri 2 Soe Nifron K. A. Fallo, S.Kom.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Sebanyak 311 peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Soe mengikuti Ujian Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Ujian tersebut berlangsung pada Selasa – Sabtu, 2 – 6 April 2024 di sekolah setempat.

Kepala SMK Negeri 2 Soe Nifron K. A. Fallo, S.Kom., yang ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (02/04/2024) menyampaikan, peserta ujian kelas XII pada tahun 2024 sebanyak 311 peserta didik dengan rincian 289 peserta didik dari enam kompetensi keahlian mengikuti ujian LSP, sementara satu kompetensi keahlian mengikuti ujian kompetensi keahlian (UKK).

“Untuk peserta ujian tahun 2024 ini jumlah keseluruhan sebanyak 311 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 22 orang dari kompetensi keahlian Pekerjaan Sosial(Peksos) mengikuti uji kompetensi keahlian (UKK) mandiri. Sementara 289 peserta didik lainnya dari enam kompetensi keahlian yaitu Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Energi Terbarukan, Akomodasi Perhotelan, dan Tata Busana, itu mengikuti ujian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)- P1,” ungkap Nifron Fallo.

Dok. Redaksi

Ia menyampaikan, uji kompetensi keahlian (UKK) dan juga ujian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan hal wajib bagi para peserta didik khususnya di SMK.

“Untuk kami di SMK ini uji kompetensi keahlian dan juga ujian Lembaga Sertifikasi Profesi ini wajib hukumnya bagi anak-anak SMK. Karena itu dalam ujian yang diadakan ini untuk menguji kembali kemampuan para  peserta didik selama tiga tahun belajar di sini, dengan harapan semua peserta didik mampu untuk mempertanggungjawabkan semua materi yang diperoleh di sini, dan jika dinyatakan kompeten pada keahliannya masing-masing maka mereka akan memperoleh sertifikat selain ijazah yang mereka akan peroleh,” ujarnya.

“Selaku kepala sekolah, mewakili semua dewan guru yang ada di SMK Negeri 2 Soe ini, kami mengimbau kepada semua peserta didik kelas XII yang hari ini telah mengikuti ujian untuk terus belajar sekalipun mereka akan dinyatakan tamat dari sini, terutama dalam mengasah kemampuan mereka sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Setelah tamat dari sini jika ada yang akan langsung terjun ke dunia kerja kami berharap agar mampu bersaing di dunia usaha maupun dunia industri, sementara bagi yang akan melanjutkan studi diharapkan agar giat juga dalam belajar. Tetapi yang terpenting adalah terus belajar hal-hal baru dan terus mengasah kemampuan atau skill yang telah diperoleh selama mengenyam pendidikan di sini,” tandasnya.

Dok. Redaksi

Nifron Fallo juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua peserta didik yang telah mempercayakan anak-anak untuk bersekolah di SMK Negeri 2 Soe.

“Kami semua guru dan pegawai di SMK Negeri 2 Soe menyampaikan terima kasih kepada orang tua/wali peserta didik yang telah memilih untuk bersekolah di sini, kami juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik selama tiga tahun anak-anak bersekolah di sini, dan akhirnya mereka juga akan menyelesaikan studi di pendidikan menengah. Kami juga mengimbau kepada semua orang tua/wali untuk terus mendukung anak-anak kedepan, baik yang ingin ke dunia kerja maupun yang ingin melanjutkan pendidikan,” ujarnya.

“Saya berharap agar pelaksanaan ujian yang baru dimulai hari ini dan akan berakhir pada hari Sabtu nanti semuanya bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini