“HIDAYAH” dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar

0
17
Dok. Panitia

Sulawesi Selatan, SEKOLAHTIMUR.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar berhasil menjalankan salah satu program kerja yaitu “Hadirkan Ikhlas dan Doa untuk Anak Yatim” (HIDAYAH). Program kerja ini merupakan bentuk inisiatif serta kepekaan sosial yang diperlihatkan melalui rangkaian kegiatan yang dijalankan khususnya pada anak-anak yatim piatu di Yayasan Panti Asuhan Harapan Mandiri Jalan Tidung 5 pada Minggu (31/03/2024).

Acara tersebut dihadiri Lurah Bonto Makkio dalam hal ini yang mewakili Ibu Kepala Seksi Pemerintahan & Trantib Ibu Mila Saptawati, S.S., yang membuka acara. Ada pula sambutan oleh Sekertaris Jurusan Perbankan Syariah Dr. Supriadi Hamid, S.E.I., M.E.I., hingga Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kakanda Yahya Nur. Tak lupa berbagai harapan dan rasa syukur disampaikan oleh Ketua Umum HMJ Perbankan Syariah yang menyampaikan harapan pada acara ini dapat memberikan dampak yang besar melalui program kerja ini.

Dok. Panitia

Pada pelaksanaanya terdapat delapan item kegiatan yang dilaksanakan, dalam hal ini kultum hingga pembagian sembako yang secara langsung diberikan kepada Yayasan Panti Asuhan. Pemberian sembako ini tidak lepas dari bantuan yang secara langsung didukung oleh Badan Amil Zakat Provinsi Sulawesi Selatan dalam bentuk bantuan sembako serta paket beras yang kemudian dialokasikan kepada Yayasan Panti Asuhan.

Selain itu, untuk lebih memeriahkan acara panitia pelaksana menginisiasi perlombaan keagamaan dalam bentuk lomba ceramah, lomba tadarus, lomba adzan hingga lomba hafalan surah pendek.

Dok. Panitia

“Melihat respon positif hingga antusias anak-anak dalam mengikuti perlombaan ini mengindikasikan kesuksesan pelaksanaan program kerja inisehingga memberikan semangat dalam terus memberikan pengaruh positif bagi orang lain,” ungkap Fadhil Arsyam Gultom selaku ketua panitia acara HIDAYAH.

Selain itu, melihat potensi-potensi yang ada dalam panti asuhan ini panitia pelaksana mengadakan pelatihan kewirausahaan dengan harapan setelah kegiatan ini dapat memberikan pemahaman serta motivasi dalam bidang kewirausahaan kepada anak-anak panti asuhan, sehingga diharapkan munculnya inovasi kreatif dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik serta kompetitif di era modern ini.

Dalam kesempatan ini yang memberikan pelatihan kewirausahaan yaitu Ayunda Bunga Sahila Hizbul Istiqomah selaku Mahasiswa Perbankan Syariah yang telah menggeluti dunia ekonomi kreatif melalui usaha-usaha yang dijalankannya. Sehingga selain pemahaman teoritis, juga memberikan praktik dalam membuat produk usaha yang kemudian diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak panti asuhan secara efektif melalui pelatihan kewirausahaan ini.

Dok. Panitia

Pada sesi akhir, dirangkaikan dengan kultum yang dibawakan langsung oleh Dosen Perbankan Syariah dalam hal ini Bapak Samsul S.A.B., M.A., hingga ditutup dengan pemberian hadiah juara perlombaan-perlombaan serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Amiruddin K. M.E.I., dan ketua Yayasan Panti Asuhan Harapan Mandiri Bapak Nurdin.

Penandatanganan MOU ini sebagai bentuk komitmen kedua pihak dalam mencapai masa depan yang lebih baik melalui pembinaan yang dilakukan secara langsung terhadap usaha-usaha yang akan dijalankan oleh Panti Asuhan Harapan Mandiri. (*Fadhil/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini